Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

364 Peserta Lolos Tes SKD CPNS Pati

MuriaNewsCom, Pati – Dari 7.837 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Gor Wujil, Semarang beberapa waktu lalu, yang lolos passing grade hanya 364 orang atau kurang dari 5 persen.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatian (BKPP) Jumani melalui Kasubid Pengadaan Jabatan Azis Muslimin mengatakan, pihaknya masih memaksimalkan proses rekapitulasi hasil SKD CPNS. Dari rekapitulasi itu diketahui tingkat kelulusan tes SKD tak sampai 5 persen.

“Jumlah tersebut tidak sampai lima persen. Hanya sekitar 4,6 persen dari jumlah keseluruhan,”ujarnya.

Dia mengatakan, dari 364 orang tersebut sebanyak 302 peserta yang lolos passing grade berasal dari kategori umum. Sedangkan yang berasal dari cumlaude sekitar 39 orang dan dari kategori K2 sebanyak 22 orang.

“Dalam seleksi ini juga ada satu orang dari disabilitas. Kebetulan yang bersangkutan lolos untuk passing gradenya. Dia mendaftar ke dinas social,”tambahnya.

Hanya saja jumlah 364 peserta yang lolos passing grade itu belum menentukan secara pasti lolos ke tahapan berikutnya. Pasalnya untuk dapat masuk ke seleksi kompentsi bidang (SKB) hanya akan diambil tiga kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan.

“Jadi missal dalam satu formasi dibutuhkan satu posisi maka yang nantinya akan mengikuti tes SKB maksimal diambil tiga orang,”terangnya.

Padahal jika jumlah peserta yang lolos tes SKD banyak yang berkumpul pada formasi tertentu. Seperti untuk analis rencana progam dan kegiatan di Dinas Permukiman diakuinya ada sekitar tujuh orang yang berhasil lolos.

“Nantinya untuk jumlah yang melebihi dari kebutuhan akan diakumulasi dan dirangking. Setelah itu akan diambil sesuai kebutuhan. Misal hanya tiga yang dibutuhkan maka tiga peringkat tertinggilah yang diambil untuk lanjut pada tes SKB,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...