Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ratusan Pramuka Blora Gelar Aksi Bersih-Bersih Makam Pahlawan Asal Aceh

MuriaNewsCom, Blora – Aksi bersih-bersih makam pahlawan dari Aceh dilakukan ratusan anggota Gerakan Pramuka. Yakni makam Pocut Meurah Intan yang ada di komplek pemakaman keluarga R Ng Donopuro di Desa Temurejo, Kecamatan Blora.

Untuk diketahui, Pocut Meurah Intan ditangkap oleh Belanda pada tahun 1902 dan diasingkan ke Blora pada tahun 1905 karena dirasa perjuangannya membahayakan. Selama di Blora, ia tinggal dan dirawat oleh salah satu keluarga di Desa Kauman (sekarang sebelah utara Masjid Agung Baitunnur Blora) dan meninggal pada 20 September 1937.

Sebelum aksi bersih-bersih dimulai, terlebih dahulu dilakukan apel bersama yang dipimpin Ketua Kwarcab Blora Arief Rohman. Turut hadir dalam kegiatan ini, salah satu ahli waris makam keluarga tersebut, Siti Hindun Iman Hastuti.

Usai apel langsung dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih makam. Ada yang mencabuti rumput, menyapu dedaunan kering, hingga memangkas tanaman liar yang tumbuh seiring datangnya musim penghujan.

Kegiatan bersih-bersih juga dilakukan pada makam pejuang 1945, M Abu Umar Imam Chourmain yang letaknya bedekatan. Nama Abu Umar sendiri dijadikan nama jalan mulai dari pendopo rumah dinas Bupati Blora ke barat menuju lapangan Bhayangkara. Kegiatan bersih-bersih ditutup dengan tabur bunga dan doa bersama.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan kepahlawanan kepada adik-adik Penggalang Pramuka yang beberapa hari lalu telah dilantik menjadi Penggalang Garuda,” kata Arief Rohman.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...