Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Pati Bakal Tertibkan APK Langgar Aturan

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati dalam waktu dekat bakal menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan. Pasalnya, di Pati sendiri, diketahui sudah banyak pemasangan APK diluar ketentuan yang ada. Termasuk branding mobil angkutan yang terdapat gambar dan nama calon.

Komisioner Bawaslu Pati Ayu Dwi Lestari mengaku sudah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan  (PPK) untuk meminta kepada orang yang memasang APK tidak sesuai aturan, agar segera diturunkan. Akan tetapi, apabila dalam kurun waktu 24 jam belum juga diturunkan, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkan paksa APK.

“Penertiban APK itu akan kami lakukan di tempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk dipasangi alat peraga, termasuk APK yang di paku di pohon. Secepatnya kami akan melakukan itu,” ungkapnya, Selasa (13/11/2018).

Terkait branding mobil yang terdapat gambar capres maupun caleg, pihaknya mengaku juga akan segera di tindak. Namun, sebelum penindakan itu dilakukan, dirinya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan satpol PP.

“Jadi kami tidak bisa bergerak sendiri, kami akan bersinergi dengan dishub dan satpol PP untuk menindak mopbil angkutan yang terdapat branding para calon,” imbuhnya.

Selama ini, lanjut Dwi memang belum ada laporan terkait branding mobil angkutan tersebut, tetapi sudah banyak temuan yang di dapatkan. apalagi, ketentuan mobil branding itu hanya untuk mobil pengurus partai dan mobil pribadi. sementara untuk angkutan, tidak diperbolehkan.

“Jadi kami tidak akan diam. branding mobil yang terdapat gambar calon itu, nantinya juga akan kami tertibkan. Karena, itu sudah melanggar ketentuan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...