Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Resmi Ditutup, Ini Hasil TMMD Sengkuyung Tahap III Pati

MuriaNewsCom, Pati – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III yang diselenggarakan oleh Kodim 0718 Pati di Desa Lahar Kecamatan Tlogowungu, secara resmi telah di tutup. Beberapa program yang dilaksanakan juga sudah terlaksana dengan baik, meskipun sebelumnya menuai kendala.

Dandim Pati Letkol Arm Arif Darmawan mengatakan, penutupan TMMD sengkuyung tahap III ini  bukan merupakan akhir dari sebuah pengabdian. Bahwa TNI tetap akan manunggal bersama masyarakat untuk bersama membangun desa. dirinya juga mengaku siap apabila masyarakat ingin melibatkan TNI dalam proses pembangunan desa.

“Meskipun kami sudah melakukan penutupan TMMD secara resmi, tetapi status kami masih manunggal membangun desa bersama dengan masyarakat sekitar. Jadi, sengkuyung ini tidak akan selesai begitu saja,” ungkapnya usai menutup TMMD Sengkuyung Tahap III di Lapangan Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu, Selasa (13/11/2018).

Dirinya mengaku, selama proses pelaksanaan TMMD tersebut, ada banyak  hal yang sudah dihasilkan. Program betonisasi di Desa lahar sepanjang 550 meter, saat ini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar. Bahkan, masyarakat tidak perlu hawatir akan terjadi jalan rusak, material yang digunakan memang pilihan.

“Kalau lima sampai tujuh tahun, mungkin betonisasi itu akan kuat dan awet. Yang penting masyarakat bisamerawatnya. Alhamdulillah program betonisasi ini juga sudah selesai dan mendapatkan antusias dari masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, TMMD ini juga sudah melakukan bedah rumah sebanyak enam unit serta pembangunan pos kampling. kategori rumah yang dibedah itu adalah rumah yang sudah tidak layak huni. Sehingga, pihaknya mengusulkan ke Badan Mlil Zakat Nasional  dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dilakukan pembedahan.

“Semuanya juga sudah selesai dan warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah juga sangat senang. Keberadaan kami ini memang membantu masyarakat, menunggal bersama membangun desa,” katanya.

Dirinya juga mengaku, selama pelaksanaan TMMD itu ada beberapa kendala, terutama saat hujan. Namun, berbagai masalah itu sudah bisa di atasi dan saat ini sudah terselesaikan semuanya.

“Harapan kami, apa yang sudah kami lakukan bersama warga setempat ini, bisa dijaga dengan baik. Sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...