Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ratusan Penari Ramaikan Indonesia Menari di Semarang

MuriaNewsCom, Semarang – Program Indonesia Menari 2018 sukses digelar dengan diikuti ribuan penari dari berbagai daerah, Minggu (11/11/2018). Di Kota Semarang, yang baru kali pertama digelar program ini meriah dengan kehadiran ratusan penari.

Even Indonesia Menari yang digelar Bakti Budaya Djarum Foundation di tahun ke-7 ini secara serentak digelar di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Semarang. Tercatat ada 4.200 penari yang terlibat dalam program ini.

Khusus di Kota Semarang yang baru kali pertama menggelar even ini, tercatat ada 300 penari baik perorangan maupun kelompok yang ikut berpartisipasi. Even ini digelar di panggung terbuka Taman Indonesia Kaya, yang dimulai sejak sore.

Indonesia Menari 2018 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan gerakan tari tradisional dan tarian modern. Tarian dengan durasi 4 menit ini diiringi musik aransemen Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko).

Tahun ini, koreografi Indonesia Menari 2018 dikonsep oleh Ufa Sofura yang telah menggeluti dunia tari sejak usia 17 tahun.

“Saya mengambil lebih kepada ciri khas dari daerah yang digunakan untuk musik, seperti misalnya gerakan tangan naik turun dikenal dari Papua dan mengkombinasikannya dengan gerakan lain yang lebih energik,” ujar Ufa Sofura.

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan, setelah digelar secara serempak untuk pertama kalinya di 3 kota tahun lalu, pihaknya menambah satu kota lagi, yakni Semarang.

Bahkan untuk di Kota Semarang bahkan terdapat peserta yang datang dari Kalimantan dan Palembang.

“Kegiatan ini ternyata disambut sangat antusias oleh masyarakat. Sehingga menjadi pemacu semangat kami untuk terus berusaha menginspirasi masyarakat khususnya generasi muda untuk mencintai ragam musik dan tarian daerah,” terangnya.

Ia menyatakan, dalam program ini peserta akan memperebutkan hadiah senilai ratusan juta rupiah. Pengumuman pemenang akan diumumkan besok melalui akun instagram @indonesia_kaya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...