Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bikin Kaget, Pria Berseragam Polisi ini Ternyata Atlit Peraih Emas Porprov

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada satu cerita menarik yang terjadi dalam acara penyerahan bonus bagi atlit peraih medali di ajang Proprov, Sabtu (10/11/2018). Yakni, adanya seorang pria berseragam Polri lengkap yang duduk ditengah deretan atlit peraih medali.

Semula, pria ini dikira adalah anggota Polres Grobogan yang sedang menjalankan tugas pengamanan dalam acara tersebut. Namun, siapa sangka, polisi ini ternyata juga ikut maju kedepan saat sesi penyerahan bonus secara simbolis.

Setelah pembawa acara menyampaikan informasi, para altlit dan sejumlah tamu undangan akhirnya baru tahu. Ternyata, pria berseragam polisi itu adalah atlit binaraga yang ikut menyumbangkan medali emas dalam Porprov 2018 di Surakarta.

“Wah, hebat. Ternyata Pak Polisi itu atlit binaraga handal,” celetuk beberapa tamu undangan yang duduk di bagian belakang.

Pria berseragam polisi itu namanya Eko Suryono (37) yang berprofesi sebagai anggota Polri. Saat ini, polisi berpangkat Bripka yang punya bodi seperti Ade Rai tersebut bertugas di Satuan Sabhara Polres Grobogan.

Sampai saat ini, memang banyak orang yang belum tahu jika Eko merupakan atlit binaraga cukup handal. Sejak menggeluti binaraga, sudah banyak prestasi yang diraihnya. Terbaru adalah keberhasilannya meraih emas dalam Porprov 2018 bulan Oktober kemarin.

Eko Suryono (37), atlet binaraga Grobogan penyumbang medali emas di Porprov Jateng. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

“Tahun 2013 saya juga ikut Porprov di Banyumas tetapi belum dapat prestasi. Kalau di Porprov 2018, saya memang berupaya menyumbang medali buat kontingen Grobogan dan akhirnya berhasil. Terima kasih atas dukungan dari semuanya,” kata Eko yang juga dikenal dengan nama Hercules itu.

Eko mulai kenal binaraga tahun 2010 dan mulai ikut pertandingan sekitar tahun 2012 di even Piala Walikota Semarang. Saat itu, ia dapat juara empat kontes body fit.

Setelah itu makin banyak even yang diikuti dengan sederet prestasi. Antara lain, pada tahun 2013 jadi juara IV BinaragaOpen Nasional di Boyolali dan juara III Piala DanPaspampres di Jakarta. Kemudian juara III Liga PABBSI Jateng (2014) dan juara II seleksi Pra PON di Semarang (2015).

Kemudian, Eko juga berhasil meraih juara I dalam Kejurprov Jateng di Semarang tahun 2017. Dengen keberhasilan ini, ia akhirnya bisa menjadi bagian kontingen Grobogan dalam Porprov 2018. Selama ini, Eko biasa bertanding dikelas 85 kg dan 85+ atau diatas 85 kg.

Sebelum menekuni binaraga, Eko lebih dulu bergelut dalam olahraga beladiri karate. Semasa masih duduk di SMAN 1 Grobogan, Eko pernah meraih prestasi saat mengikuti kejuaraan Karate Cepu Migas Cup.

Eko tercatat baru bertugas di Polres Grobogan sejak tahun 2012. Saat diterima jadi anggota Polri tahun 2000, ia langsung ditugaskan di Polda Jambi pada divisi Provost. Kemudian, ia juga pernah dapat tugas sebagai ajudan kapolda, dan Ditlantas bagian reg ident.

Perkenalan dengan binaraga terjadi saat masih tugas di Jambi, sekitar tahun 2010. Ceritanya, saat itu, Eko sempat mengalami masalah kolesterol yang menyebabkan lutut dan persendiannya terasa nyeri. Oleh temannya, ia disarankan untuk fitness.

“Saran itu kemudian saya ikuti. Setelah ikut fitnes jadi sehat. Akhirnya, saya jadi ketagihan dan menekuni fitnes hingga akhirnya jadi atlit binaraga sampai sekarang,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...