Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peringati Hari Pahlawan, Ini Pesan Bupati Pati

MuriaNewsCom, Pati – Dalam rangka memperingati hasil pahlawan, segenap Organisasi perangkat daerah (OPD) Pati beserta Polres dan Kodim Pati menggelar upacara bersama di halaman makam pahlawan Giri Dharma. Dalam upacara tersebut, Bupati Pati Haryanto menyampaikan agar seluruh elemen masyarakat meneruskan perjuangan para pahlawan dan meningkatkan jiwa nasionalisme.

“Pengorbanan besar telah ditorehkan oleh para pahlawan kita. Sehingga, sudah  sepatutnya bagi kita untuk meneruskan perjuangan para pahlawan itu. Jangan sampai kita lengah dan lupa bahwa gerbang kemerdekaan telah dibuka oleh para pahlawan,” ungkapnya, Sabtu (10/11/2018)

lebih lanjut, pada bulan ini ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya.

“Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan Negara di hati sanubari bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi. Namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,” tegasnya.

Dirinya juga berharap agar nilai-nilai kepahlawanan tersebut tidak luntur meskipun sudah bertahun-tahun berlalu. Bahkan, jiwa kepahlawanan harus tertanam dalam setiap diri dan sanubari bangsa Indonesia.

“Perjuangan dan pengorbanan besar yang telah dilakukan oleh para pahlawan. mari kita mengenag jasa beliau dan melanjutkan perjuangan mereka,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...