Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Pati Nilai Ukuran Surat Suara Pileg dan Pilpres Terlalu Besar

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati menilai ukuran surat suara yang akan digunakan dalam pemungutan suara pada pileg dan Pilpres 2019 mendatang ukurannya terlalu besar. Dihawatirkan, ukuran itu akan mempengaruhi tingkat pertisipasi pemilih.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, ukuran surat suara itu sangat tidak efektif, karena terlalu besar. Apalagi, nanti ada lima surat suara yang dibawa oleh para pemilih. Sehinga, ini nanti akan menjadi terkendala sendiri saat pemungutan suara berlangsung.

“Yang perlu diperhatikan itu justru pada orang yang telah lanjut usia. Jangan sampai karena terlalu besar menjadi ribet dan akhirnya menyulitkan pemilih saat berada di tempat pemungutan suara (TPS),” terangnya, Jumat (9/11/2018)

Dirinya juga mengaku hawatir apabila surat suara itu tetap digunakan saat pencoblosan berlangsung. Sebab, masyarakat akan kesulitan untuk membuka dan melipat kertas suara itu lagi. Belum lagi apabila pemilih akan membuka dan mencoblos surat suara lainnya. Apalagi, nantinya pemilih akan mencoblos lima surat suara sekaligus.

“Oleh karena itulah kami mengusulkan jika bisa dijadikan satu kesatuan walaupun ada mekanisme tertentu. Ketika memang sudah jadi PKPU mungkin bisa dibuat PKPU lagi agar hasil kemarin ditambahkan,”tambahnya.

Hal senada pun turut diungkapkan oleh Anggota komisi II DPR RI Firman Soebagyo. Dia mengatakan dengan ukuran yang cukup lebar tersebut diakuinya akan cukup menyulitkan para pemilih untuk membuka maupun melipatnya kembali. Terutama bagi pemilih yang lanjut usia.

“Kami khawatirkan ada kemungkinan nantinya bisa mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat menjadi rendah.Padahal nantinya ada pemilihan presiden,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...