Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengamanan Pilkades Serentak Pati Dianggar Rp 240 Juta

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pati menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 240 juta untuk kebutuhan pengamanan selama pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak  pada 15 Desember mendatang. Diharapkan, bantuan hibah itu mampu memaksimalkan kinerja jajaran kepolisian maupun TNI untuk menjaga keberlangsungan pesta demokrasi tersebut.
Dari ratusan juta tersebut, sebanyak Rp 180 juta diberikan untuk kepolisian sedangkan Rp 60 juta lainnya untuk TNI.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, meskipun nilai hibah pengamanan tidak terlalu besar namun diharapkannya dapat memberi motivasi kepada personel yang bertugas dalam pengamanan pilkades serentak.

Bupati mengatakan, dalam proses hibah pihaknya memang dibatasi oleh aturan. Sehingga dalam penganggarannya diakuinya tidak bisa sembarangan.

Sementara itu Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti mengaku mengapresiasi dengan adanya alokasi hibah tersebut. Pasalnya, meskipun pihaknya telah memiliki anggaran, namun untuk pengamanan pilkades serentak diakuinya belum ada dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA).
“Kami berharap hajatan besar pilkades serentak ini bisa dikawal bersama-sama. Bagaimanapun tujuan baik memilih pemimpin desa harus berjalan dengan baik pula,” terangnya, Jumat (9/11/2018).

Sementara itu, Dandim 0718/Pati  Letkol Arm Arif Darmawan menambahkan, dalam pilkades serentak nantinya pihaknya akan menerjunkan sekitar 200 hingga 250 personel. Pihaknya mengaku akan tetap memaksimalkan personel yang ada.

“Kebetulan saat itu bertepatan dengan hari Angkatan Darat yang dipusatkan di Ambarawa. Namun meski begitu kami akan merealisasikan anggaran yang telah dialokasikan dari Pemkab Pati dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...