Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Tertibkan Angkutan Bergambar Caleg

MuriaNewsCom, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus, bersama Dinas Perhubungan, Satpol PP melakukan penertiban di Sub Terimnal Jetak Kaliwungu, Jumat (9/11/2018). Mereka melakukan penertiban angkutan yang dibranding calon legislatif (caleg).

Dari pantauan MuriaNewsCom, Bawaslu Kudus bersama Dishub Kudus, dan Satpol PP melakukan penertiban angkutan yang dibranding caleg. Satu-persatu angkutan yang terpasang branding caleg dilepas. Tak luput juga, minibus yang terpasang caleg juga jadi sasaran untuk dicopot.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, angkutan yang terpasang branding caleg telah melanggar aturan. Yakni PKPU nomor 23 tahun 2018 tentang pemasangan alat peraga.

“Di situ yang diperbolehkan memasang branding parpol atau caleg hanya pada mobil probadi dan pengurus partai politik. Selain melanggar PKPU juga melanggar tahun 76 menteri perhubungan,” jelasnya disela-sela melakukan penertiban APK, Jumat (9/11/2018).

Ia menyebutkan setidak ada 55 angkutan dan satu mini bus yang terpasang gambar caleg. Untuk itu, ia kedepan akan melakukan penyisiran di wilayah Kudus untuk penertiban APK.

“Ke depan kami akan melakukan penyisiran di wilayah Kudus. Angkutan-angkutan yang dibranding gambar caleg akan kami lakukan penertiban,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Abdul Halil mengatakan branding kendaraan sudah diatur dalam aturan Kementerian Perhubungan. Yakni terkait jarak pandang. Ia menilai, branding caleg itu telah menggangu jarak pandang pengendara. Sehingga perlu untuk dilepas.

“Ini adalah aturan, untuk itu kami  tindak lanjuti di lapangan. Kami akan menyisir setiap angkutan. Apabila ada angkutan yang masih memasang, akan kami tertibkan,” jelasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...