Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Permudah Pelayanan, Kelurahan Mlati Kidul Kudus Buat Luncurkan Sistem Si Pete

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kelurahan Mlati Kidul, Kecamatan Kota resmi meluncurkan Sistem Administrasi Surat Pengantar RT Elektronik yang disebut Si PETE, Selasa (6/11/2018). Peluncuruan itu dimaksud untuk mempermudah pelayanan publik. Terutama pengurusan surat pengantar Rukun Tetangga (RT) sebagai syarat administrasi kependudukan.

Rama Riskika, Kasie Tata Pemerintahan Kelurahan Mlati Kidul mengatakan selama ini banyak warga setempat belum tau dan agak kesulitan mendapatkan surat pengantar. Bahkan
ada warga yang melewati administrasi surat pengantar RT saat mengajukan pelayanan.

“Hal tersebut yang kemudian mendorong kami untuk berinovasi mengembangkan Si Pete,” katanya.

Ia mengatakan adapun cara penggunaan sistem tersebut sangat mudah. Yakni warga bisa mengakses Si Pete dengan membuka sipetemlatikidul.kuduskab.go.id. Setelah itu, warga tinggal memilih pelayanan surat yang dibutuhkan.

“Di sana warga dapat mengakses pelayanan. Di antaranya Surat Pengantar Perubahan Kartu Keluarga, Pengantar Akte Kelahiran, Pengantar Akte Kematian, Keterangan Izin Tidak Masuk Kerja dan Keterangan Pengantar Pindah Penduduk,”  terangnya.

Selanjutnya, warga bisa mengisikan data diri sesuai KTP. Jika sudah berhasil, warga bisa langsung menghubungi Ketua RT sesuai dengan nomor yang tertera di dalam situs untuk mendapatkan persetujuan.

“Langkah terakhir, warga mendatangi Kelurahan Mlati Kidul untuk melakukan pencetakan Surat Pengantar,” jelasnya.

Camat Kota, Catur Widiyanto mengapresiasi dengan inovasi pemerintah Kelurahan Mlati Kidul tersebut. Apalagi sistem itu dapat memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Untuk itu, ia berharap inovasi tersebut dapat diterapkan di Desa dan Kelurahan lain di Kecamatan Kota.

“Kedepannya, Desa dan Kelurahan di Kecamatan Kota bisa menerapkan aplikasi serupa. Tak hanya Kecamatan Kota saja, kecamatan lain juga bisa membuat aplikasi serupa,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...