Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Beroperasi, Puluhan Bank Sampah Unit di Pati Mangkrak

MuriaNewsCom, Pati – Keberadaan Bank Sampah Unit (BSU) sejauh ini adalah untuk menjembatani warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Sehinga, warga bisa mengumpulkan sampah sesuai dengan jenisnya, lalu di setorkan ke BSU untuk nantinya disetorkan ke Bank Sampah Induk (BSI).

Namun, keberadaan BSU itu, saat ini tengah fakum. Bahkan, dari 69 BSU yang berada di desa maupun di sekolah, 23 di antaranya dalam kondisi tak beroperasi atau mangkrak. Sebagian tempatnya juga sudah tidak terawat dan sepi.

Direktur Bank Sampah Induk (BSI) Kabupaten Pati Eko Supriyatno mengatakan sejuh ini ada 23 BSU yang mangkrak. Padahal, program tersebut sebenarnya sangat bagus untuk membiasakan masyarakat agar membuang sampah sesuai dengan tempatnya.

“Ini memang berat. Tidak hanya di BSU, BSI juga mengalami hal yang sama. Jadi, kami ini hanya dipasrahi untuk mengelola bank sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tetapi setelah diberikan failitas, langsung dibiarkan tanpa ada koordinasi lanjutan,” ungkapnya, Selasa (6/11/2018).

Dirinya menganggap bahwa hal tersebut merupakan pembiaran dari satu program pemkab untuk lingkungan dan masyarakat. Bahkan, dirinya juga mengakui bahwa dari BSI sendiri tidak ada sinegitas dengan yang lainnya.

“Jadi, saya ini seolah-olah memimpin bank sampah untuk berdiri sendiri. Banyangkan untuk membeli sampah itu uang dari mana, apakah dari pemerintah? tidak. Ada uang bantuan dari DLH untuk talangan dan modal, Tidak ada?”keluhnya.

Eko mengharap adanya koordinasi terkait persoalan yang dihadapi saat ini, yakni mangkraknya BSU. Bersama DLH, Dia berharap bisa mengaktifkan lagi fungsi dari BSU dengan menggandeng tokoh dan perangkat desa setempat.

“Kalau diinventaris kira-kira bagaiamana, kita memiliki kemampuan menganalisa maupun mengevaluasi penyebab mangkraknya BSU. Bahkan kalau perlu, semua fasilitas bank sampah yang mangkrak itu, ditarik oleh DLH,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...