Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Pembajakan Produk, Pelaku UMKM di Grobogan Difasilitasi Kepemilikan HAKI 

MuriaNewsCom, Grobogan – Selain permodalan dan permasaran, Pemkab Grobogan terus memberikan perhatian pada pelaku usaha, khususnya kalangan UMKM. Salah satu bentuknya adalah memberikan fasilitasi kepemilikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) bagi pelaku UMKM.

Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setyawan menyatakan, dalam rangka fasilitasi tersebut, pihaknya telah melangsungkan acara sosialiasi pada sejumlah pihak. Dalam sosialisasi ini, dihadirkan pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng Windarto selaku narasumber. Sosialisasi yang dilangsungkan di ruang rapat Setda Grobogan lantai II dihadiri kepala OPD, camat, pengelola rumah kreatif, paguyuban dan pewakilan pelaku UMKM.

“Sosialisasi perlu dilakukan guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya kepemilikan HAKI dan tata cara pengurusannya. Kepemilikan HAKI ini diperlukan guna melindungi produk dan karya lokal sehingga mampu berdaya saing di tingkat regional maupun nasional,” jelas pejabat yang akrab disapa Danis itu pada wartawan, Senin (5/11/2018).

Menurut Danis, sejauh ini perkembangan UMKM di wilayahnya dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan. Terdiri dari 30.565 Usaha Mikro, 1.344 Usaha Kecil dan 156 Usaha Menengah.

Sebagai fasilitator dan regulator, pemerintah punya kewajiban untuk melakukan pembinaan dan perlindungan terhadap semua pelaku usaha. Terutama, perlindungan dan apresiasi terhadap karya dan produk yang telah dibuat pelaku UMKM agar jangan sampai dicuri atau ditiru oleh pihak-pihak yang hanya mengambil keuntungan ekonomi secara tidak benar.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...