Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kenalkan Kopi Muria, Pemkab Kudus Gelar Lomba Cita Rasa Kopi

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menggelar lomba uji cita rasa kopi muria robusta “Kopi Muria Menuju Dunia” di balai Jagong Kudus, Senin (5/11/2018). Kegiatan itu dimaksud untuk mengenalkan cita rasa kopi muria kepada khalayak umum. Terutama menuju pasar internasional.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Catur Sulistiyanto mengatakan ada sebanyak 41 peserta mengikuti lomba cita rasa kopi muria tersebut. Mereka berasal dari petani kopi di wilayah Kecamatan Gebog dan Kecamatan Dawe.

“Karena para petani kopi ini berasal dari wilayah Kecamatan Gebog dan Kecamatan Dawe. Kegiatan ini, untuk mencari mutu dan kualitas kopi muria robusta,” katanya, Senin (5/11/2018).

Ia mengatakan, dasar dari kopi muria untuk menuju dunia harus mengetahui cita rasa kopi muria robusta. Maka dari itu, dengan adanya lomba ini menjadi awal memperkenalkan kopi muria kepada dunia.

“Maka gerakan ini menjadi awal kopi muria untuk menuju dunia. Bahkan kegiatan ini terus berlanjut. Di tahun 2019 nantinya juga akan dikembangkan kembali untuk mengenalkan kopi muria robusta,” ungkapnya.

Apalagi, di Kudus adalah kawasan kopi muria. Disebutkan dia, di Kudus ada 615 hektare lahan kopi. Serta ada 150 petani kopi di Kudus.

“Ke depan tinggal meningkatkan kualitas kopi muria. Seperti meningkatkan bibit unggul. Sehingga kopi muria ini bisa dikenal di dunia,” katanya.

Sementara itu, Dewan Juri dari Java Legend Kopi Pati Bagus Prestianto mengatakan kopi muria robusta memiliki karakteristik sama dengan kopi lainnya. Baik dari kayu kacangnya, karakteristik germisi. Hanya saja bagaimana untuk mengolahnya ini menjadi cita rasa sendiri kopi muria itu.

“Keunggulan hampir sama, dengan daerah lainnya. Dengan pengelolaan lebih baik, akan memunculkan karakteristik yang khas dari kopi muria,” katanya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...