Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Melirik Potensi Hutan Mangrove di Pantai Sambilawang Pati

0 629

MuriaNewsCom, Pati – Hutan Mangrove yang berada di Pesisir utara Pantai Sambilawang, Kecamatan Trangkil, mempunyai potensi pariwisata sangat besar. Meskipun pemerintah Desa setempat sudah berupaya untuk mengelola hutan magrove tersebut, tetapi potensi tersebut belum begitu dilirik oleh masyarakat sekitar.

Pengurus Komunitas Peduli Pantai Utara Pati (PPUP), Yanuar mengatakan, dampak positif dari penanaman magrove tersebut adalah untuk mencegah abrasi pantai dan mencegah intrusi air laut.

“Seharusnya, hutan mangrove tersebut dapat menarik perhatian para wisatawan lokal. Kami bersama teman-teman juga sudah berupaya untuk merawat hutan mangrove agar nantinya menjadi wahana wisata edukasi warga,” ungkapnya, Jumat (2/11/2018)

Menurutnya, perlahan pengelolaan hutan mengrove akan lebih digiatkan lagi. Terutama mendesain mangrove agar bisa dimasuki banyak orang dan menjadi wahana wisata edukasi. Selain itu, akses jalan menuju mangrove juga akan diusulkan ke pihak terkait agar diperbaiki.

“Kalau nanti banyak pengunjung yang datang, yang untung kan tidak hanya kami sendiri, tetapi pemerintah juga untung. Apalagi, sampai saat ini pati belum mempunyai obyek wisata pantai yang lengkap dengan mangrove,” tuturnya.

Mustain, Kepala Desa Sambilawang menambahkan, untuk kawasan hutan mangrove tersebut, pihaknya ingin mengembangkan menjadi salah satu destinasi wisata. Bahkan, beberapa pihak instansi terkait sudah lakukan tinjauan.

“Beberapa waktu yang lalu sudah ada tinjauan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata dan juga dari DPRD. Semoga saja dengan kunjungan tersebut, mereka mempunyai keinginan untuk mengembangkan potensi wisata di pesisir pantai utara ini,” harapnya.

Editor: Supriyadi

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.