Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tips Hemat Anak Kuliahan Agar Bisa Tetap Survive Hingga Akhir Bulan

MuriaNewsCom – Menjadi mahasiswa dengan uang saku pas-pasan tidak hanya kamu rasakan seorang diri. Ada jutaan mahasiswa lain di seluruh belahan dunia yang juga merasakan hal sama denganmu. Ini bukanlah sebuah keadaan yang harus ditangisi atau diratapi. Karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa bertahan hidup sampai dapat uang saku lagi.

Manfaatkan Perpustakaan

Apa kebutuhan utama dari mahasiswa buat kuliah? Jawabannya sudah pasti buku literatur. Harga buku-buku ini bervariasi, dan tidak jarang membuat mahasiswa langsung miskin di awal bulan karena harganya yang cukup mencekik.

Biar uang sakumu tak habis dalam sekejap, manfaatkan saja perpustakaan kampus. Hampir semua buku yang diperlukan mahasiswa, disediakan oleh kampus lewat perpustakaan. Jika tak dapat di kampus, kamu bisa meminjamnya di perpustakaan kota atau di kampus lain.

Selain perpustakaan, kamu juga bisa meminjamnya dari kakak kelas yang sudah tak memakai lagi. Perbanyak teman, agar kamu bisa mendapatkan pinjaman buku tanpa perlu membelinya.

Atur Budget Sejak Awal Bulan

Kalap ketika baru dapat uang saku, lupa bahwa masih ada hari esok adalah masalah klasik yang dialami oleh mahasiswa. Agar hal ini tak terjadi kepadamu, aturlah budget sejak awal bulan. Bagi pengeluaran dalam pos masing-masing. Seperti uang transport, uang makan, uang jalan-jalan, uang buku, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk langsung menabung di awal bulan begitu mendapatkan uang saku. Karena memiliki dana cadangan adalah wajib hukumnya jika ingin bertahan sampai akhir bulan.

Manfaatkan Beasiswa

Tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa, namun selalu ada cara untuk meraihnya jika kamu berusaha sekuat tenaga. Beasiswa tidak hanya meringankan beban ortu kamu untuk membayar kuliah. Tetapi juga bisa digunakan untuk membiayai keperluan lain seperti membeli buku, membayar uang kos dan lain sebagainya agar uang saku kamu bisa tetap tebal.

Ambil Pekerjaan Sampingan

Jangan ragu mencari pekerjaan sampingan jika merasa uang saku kamu tidak cukup untuk memenuhi keperluan bulanan. Menjadi mahasiswa artinya kamu sudah dewasa dan harus bertanggung jawab pada dirimu sendiri. Jika uang saku dari ortu kurang, jangan segan untuk bekerja dan mendapatkan uang tambahan.

Selain dapat pemasukan, bekerja sampingan juga akan memberikan kamu pengalaman yang berharga sebelum bekerja secara penuh waktu nantinya. Pengalaman ini akan membuat nilai kamu bertambah di mata penyedia lapangan kerja, dan pastinya kamu dapat tambahan uang saku agar bisa bertahan sampai akhir bulan.

Pakai Kartu SimPATI

Melakukan penghematan di semua lini tidak akan berarti jika kamu salah memilih provider penyedia internet. Karena tidak bisa dipungkiri, keperluan mahasiswa yang cukup besar adalah pada urusan kuota data internet bulanan.

Agar kantong kamu tak jebol, pilih saja paket internet SimPATI. Dengan sinyal kuat, paket SimPATI murah dan terjangkau untuk siapa saja.

Kamu bisa beli paket internet SimPATI murah di Traveloka. Biar hemat, belilah internet SimPATI bulanan, agar kamu bisa memperkirakan kebutuhan internet bulanan kamu berapa dan menata budget untuk keperluan lainnya.

Dengan harga pulsa SimPATI di Traveloka yang murah, kamu tak perlu khawatir urusan internet ini akan membuat budget bulanan kamu jadi bengkak. Pakai SimPATI yuk!. (*)

Sumber: jeshoots.com

Comments
Loading...