MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pasar Legi Solo Terbakar 9 Jam, Ratusan Kios Hangus

0 303

MuriaNewsCom, Solo – Kebakaran hebat melanda Pasar Legi, di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Solo. Api membakar pasar ini selama delapan jam. Ratusan kios yang ada di dalam pasar tersebut termasuk isinya hangus.

Api mulai berkobar sejak Senin (29/10/2018) sekitar pukul 16.45 WIB, dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB dinihari. Bahkan hingga Selasa (30/10/2018) pemadam kebakaran gabungan masih melakukan proses pendinginan.

Kebakaran hebat itu diduga akibat hubungan arus pendek (korsleting) listring di salah satu kios di lantai dua. Kepala Dinas Perdagangan Surakarta Subagio mengatakan, saat api mulai muncul pedagang mencoba memadamkan api, namun tak berhasi.

”Pedagang coba padamkan api dengan APAR, tapi api semakin besar. Apalagi tiupan angin juga kencang. Sementara barang-barang di dalam pasar mudah terbakar,” katanya kepada wartawan.

Sore itu, angin terpantau mengarah ke utara. Api pun mengikuti arah angin. Petugas pemadam kebakaran fokus memadamkan api di titik itu.

Petugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan Pasar Legi yang terbakar

Di sisi lain petugas damkar juga bersiaga di sisi selatan untuk menjaga api agar tidak merembet. Namun api terlihat sempat membesar di bagian dalam sisi selatan pukul 20.00 WIB.

Sedikitnya ada 30 mobil damkar yang diterjunkan memadamkan api. Mobi damkar itu dikerahkan dari berbagai daerah di Soloraya, termasuk dari Ungaran dan Kota Semarang.

Bahkan pihak kepolisian juga mengerahkan watercanon untuk membantu memadamkan api. Lebih dari 500 petugas dan relawan ikut membantu pemadaman api.

Kepala Dinas Damkar Kota Surakara Gatot Sutanto, sejumlah  petugas dan unit Damkar hingga Selasa pagi ini, masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran Pasar Legi.

“Api yang menghanguskan Pasar Legi sudah dapat dikuasai sejak Senin, sekitar pukul 22.00 WIB. Petugas Damkar hingga sekarang masih melakukan pendinginan untuk mengantisipasi timbulnya titik api lagi,” kata Gatot Sutanto.

Data di Dinas Perdagangan Surakarta, jumlah pedagang di Pasar Legi sebanyak 1.719 los dan kios. Jumlah yang terbakar diperkirakan ratusan los dan kios di lantai dua ludes terbakar.

Menurut Subabyo total jumlah pedagang seluruhnya di Pasar Legi Solo termasuk pedagang pelataran yang berjualan di luas pasar sebanyak 2.269 orang.

Editor : Ali Muntoha

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.