Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ganjar Tuding Pelaksana Teknis Tes CPNS Tak Profesional

MuriaNewsCom, Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merasa jengkel dengan permasalahan tes seleksi CPNS. Bahkan ia menuding pelaksana teknis tak professional.

Ini disebabkan pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) yang menggunakan sistem computer assited tes (CAT) harus ditunda karena masalah teknis. Jaringan komputer belum siap yang mejadi penyebabnya.

Seleksi CPNS tahun ini dilaksanakan langsung oleh pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Salah satu ujian yang harus diikuti peserta adalah CAT yang dilaksanakan oleh vendor pemenang tender sebagai pelaksana teknis jaringan.

“Kalau teknis bisa diselesaikan, maka bolehlah kita kasih label profesional. Tapi kalau tidak ya apa kita masih bisa bicara profesional,” kata Ganjar, Senin (29/10/2018).

Sejak Minggu (28/10/2018) Ganjar melakukan sidak di lokasi tes CPNS di GOR Wujil, Kabupaten Semarang. Saat itu Ganjar berkomunikasi dengan tim pelaksana teknis.

Ia dijanjikan, masalah jaringan akan selesai dua jam sebelum tes tahap pertama dimulai, atau sekitar pukul 05.00 WIB. Namun ketika pagi harinya Ganjar kembali datang, ternyata permasalahan teknis itu belum terselesaikan.

“Pagi ini saya datang lagi karena janji dari pelaksana teknis jam lima sudah siap. Tapi sekarang jam 07.31 WIB ternyata belum siap,” ujar Ganjar.

Terkait dengan persoalan jaringan tersebut, Ganjar mengaku terus intensif berkoordinasi dengan BKN. Bahkan jajarannya siap membantu secara teknis karena kemungkinan besar penjadwalan ulang akan dilakukan.

“Semalam kita sudah rapat, maka pemerintah harus solid melakukan tes ini. Antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaksana tugas yang memenangkan tender,” terangnya.

Baca : Komputer Belum Siap, Tes Seleksi CPNS Pemprov Jateng Pun Juga Ditunda

Selain berkomunikasi dengan pelaksana teknis, pada inspeksi tersebut, Ganjar juga menemui peserta tes dan lewat pengeras suara memberi penjelasan kendala tersebut. Ganjar mengatakan pemerintah masih berupaya agar pelaksanaan tes CPNS berjalan optimal.

“Saya minta sampeyan untuk menyiapkan kembali materi dan mental, jangan stres agar hasil ujiannya optimal,” kata Ganjar di hadapan ribuan peserta tes CPNS.

Peserta tes seleksi CPNS di Provinsi Jateng tahun ini mencapai 56.000 orang. Mereka memperebutkan 1.926 formasi yang dibuka oleh Pemprov Jateng, 864 di tenaga kerja guru, 803 di tenaga kesehatan, dan 259 tenaga teknis.

Pelaksanaan tes dibagi empat tempat, yakni Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, Sragen, dan Purwokerto. (ant)

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...