Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Evaluasi Traffict Light Sampang Mulai Dilaksanakan

MuriaNewsCom, Pati – Evaluasi Traffict light (TL) pertigaan Dukuh Guyangan, Desa Purworejo, Kecamatan Kota atau yang lebih dikenal dengan pertigaan Sampang mulai dilaksanakan oleh OPD terkait di Pati. Rencananya, pelaksanaan tersebut akan dimulai pekan depan, perubahan sistem TL menyusul pemangkasan pohon rimbun di sekitar lampu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pati Sudarlan melalui Plt Kabid Pengendalian dan Operasional Eko Budi Santosa mengatakan rakor evaluasi sudah dilaksanakan dua pekan lalu bersama dengan DPUTR, Satpol PP, dan Polres Pati. Rakor dilaksanakan karena di sana kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Berdasarkan hasil evaluasi, telah disepakati untuk memangkas pohon terutama dari arah timur menutup rambu-rambu sehingga menggangu pandangan pengendara. Untuk marka jalan menunggu lelang. Sementara itu mulai pekan depan Dishub akan mengubah TL dari tipe standar diameter 60 sentimeter menjadi rambu F,” katanya.

“Kami akan mengatur perubahan waktu siklus rambu dari pola 2,5 fase menjadi 3 fase dari semua arah. Fase itu merubah nyala lampu TL dari arah Pati merah dan dari sisi lainnya hijau semua. Begitujuga sebaliknya,” imbuhnya.

Eko menambahkan, evaluasi itu dilakukan karena kerap terjadi laka diprediksi sopir mengantuk atau tidak menguasai medan disana ada TL. Bahkan selama satu tahun terakhir ini sudah ada 10 laka. Selain itu dari arah Juwana sebelum TL ada jembatan yang menikung sehingga banyak pengendara yang kurang mengetahui adanya TL.

“Masing-masing OPD bekerja sesuai tupoksi untuk perubahan pengaturan lalin seperti dari Dishub merubah lalin yang semula fasenya 2,5 menjadi 3dan pemasangan rambu tipe F. Lalu dari DPU rencananya akan membuat pita penggaduh dan memangkas pohon rimbun dari arah Juwana yang menutupi jarak pandang pengguna jalan,” paparnya.

Seperti yang diketahui TL tersebut dibangun sekitar akhir 2016 lalu setelah pembuatan jembatan sampang Desa Tondonegoro, Jakenan rampung. Pembuatan TL diharapkan bisa mengurai kemacetan dan tidak membahayakan pengendara lain karena banyak pengendara yang melintas dari arah Juwana, jembatan sampang Jakenan, dan ke Pati.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...