Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hebat! Siswi SD di Grobogan ini Berhasil Jadi Juara Menulis Tingkat Nasional, Ini Sosoknya

MuriaNewsCom, Grobogan – Dibalik sosoknya yang pendiam dan pemalu, siswi SDN 1 Dapurno, Kecamatan Wirosari bernama Alfia Kirana Maheswari ternyata punya kemampuan dalam menulis sebuah cerita atau gagasan. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Alfia meraih juara II Festival Penulis Cilik Sidu (FPCS) 2018 yang diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah.

“Alhamdulillah, saya bisa meraih juara II dalam FPCS 2018. Saya tidak menyangka kalau tulisan saya bisa masuk nominasi juara. Dalam FPCS itu, juara I diraih peserta dari Solo dan juara III dari Jakarta,” kata Alfia saat ditemui MuriaNewsCom di sekolahannya, Jumat (26/10/2018).

Alfia awalnya tidak tahu kalau ada acara FPCS 2018. Informasi even itu didapat dari saudaranya Aan yang saat ini kuliah di Yogyakarta. Oleh saudaranya inilah, Alfia diminta menyiapkan sebuah tulisan tangan untuk diikutan dalam FPCS itu.

Merasa tertarik, Alfia menyanggupi untuk bikin tulisan tangan. Beberapa hari kemudian, akhirnya tulisan tangan sebanyak dua halaman folio itu sudah jadi. Pembuatan tulisan ini dilakukan pada bulan Agustus.

Dalam FPCS itu, tema tulisannya mengenai harapan untuk Indonesia. Alfia membuat tulisan dengan judul Indonesia menjadi negeri 1.000 pesawat terbang.

Siswi kelas V itu mengaku ada beberapa alasan memilih judul itu. Antara lain, kekagumannya pada sosok BJ Habibie yang mampu bikin pesawat terbang. Kemudian, banyaknya insinyur dari Indonesia yang justru bekerja bikin pesawat di negara lain.

“Harapan saya, para insinyur itu nantinya kembali lagi dan bikin pesawat di Indonesia. Saya ingin Indonesia menjadi negeri pembuat pesawat terbang terbanyak di dunia. Satu hal lagi, judul itu saya pilih karena cita-citaku ingin jadi insinyur,” katanya sambil tertawa.

Setelah tulisan tangan itu dikirimkan, baru pada bulan September, Alfia  mendapat kabar para pemenangnya. Warga Dusun Tlembak, Desa Tanjungsari, Kecamatan Kradenan itu merasa sangat senang karena tulisannya berhasil jadi juara II.

Selang sebulan setelah pengumuman, baru dilakukan penyerahan penghargaan dan hadiah pada para pemenang yang dilangsungkan di Jakarta 22-23 Oktober kemarin. Selain penghargaan, Alfia juga menerima hadiah uang senilai Rp 7 juta.

“Hadiah uang, ditabung buat biaya sekolah saya dan adik. Adik saya Faleri Nisha Ayana juga sekolah disini, baru kelas I,” kata anak berusia 10 tahun itu.

Alfia Kirana Maheswari siswi SDN 1 Dapurno, Kecamatan Wirosari, Grobogan berfoto bersama sang guru. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Selain hadiah, ada satu hal lagi yang membuat Alfia merasa sangat senang setelah berhasil jadi juara. Yakni, ia berkesempatan naik pesawat terbang untuk pertama kalinya.

“Kemarin waktu ke Jakarta naik pesawat. Saya senang banget,” kata anak pasangan Joko Sriyanto dan Siti Mustafiroh itu.

Prestasi yang diraih Alfia tak ayal membuat pihak sekolah merasa bangga. Terlebih, pretasi Alfia itu didapat dari sebuah even tingkat nasional

“Tentu saja kami merasa bangga. Semoga keberhasilan ini bisa memicu semangat siswa lainnya,” kata Kepala SDN 1 Dapurno Sudarminah.

Sementara itu, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Wirosari Narto juga merasa bangga dengan prestasi Alfia. Secara tidak langsung, prestasi itu diraih berkat dukungan banyak pihak. Termasuk dari jajaran Dinas Pendidikan yang sejak beberapa waktu lalu gencar menerapkan gerakan literasi di sekolah.

“Dari kegiatan literasi inilah bisa meningkatkan minat baca siswa sehingga pengetahuan yang didapat makin bertambah,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...