Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Saber Pungli; Retribusi Parkir di Pati Jadi Sorotan

MuriaNewsCom, Pati – Retribusi parkir yang tidak sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Pati Nomor 7 Tahun 2017 tentang Retribusi Jasa Umum, akan ditindak oleh Tim Saber Pungli Polres Pati. Pasalnya, besaran retribusi parkir di Pati, disinyalir melebihi ketentuan yang ada.

Ketua Satgas Saber Pungli Polres Pati Kompol Supriyanto mengatakan, hampir rata di kabupaten Pati ini untuk retribusi parkir sudah tidak sesuai dengan perda Nomor 7 tahun 2017 itu. Padahal, ketentuannya sudah jelas, namun masih banyak juru parkir yang melanggar ketentuan tersebut.

“Rata-rata di pati memang seperti itu. Coba kita lihat sendiri, mana yang retribusinya sesuai dengan perda, hampir tidak ada. Restribusinya dinaikkan,” jelasnya, Rabu (24/10/2018).

Saat ini, dirinya sedang mengkaji perda tentang retribusi jasa umum tersebut untuk nantinya mengingatkan kepada para juru parkir. Akan tetapi, apabila para juru parkir tetap tidak mengindahkan aturan tersebut, maka dirinya akan bertindak tegas.

“Beberapa kali kami sudah sosialisasi terkait retribusi parkir ini kepada para juru parkir, tetapi nyatanya masih banyak yang tidak mentaati. Coba kita lihat, sekarang mana parkir yang milik pemda, rata rata tidak ada. Mereka mengatas namakan perseorangan, padahal itu milik pemda. Retribusinya kemudian lebih tinggi,” imbuh Supriyanto.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya sudah memberikan pembinaan terhadap juru parkir yang memungut liar uang parkir dari masyarakat. Semisal pembinaan kepada jukir di halaman Stadion Joyokusumo Pati yang mengatasnamakan Karang Taruna.

“Di Joyo itu kan milik PU, tetapi mereka mengatas namakan karang taruna. Seharusnya, hasir retribusi itu masuk ke PU. Kan seharusnya memang seperti itu,” tegasnya.

Hal ini kemudian yang menuntut tim saber Pungli untuk bertindak tegas terhadap para juru parkir. Saat ini mereka sudah dilakukan pembinaan untuk menyesuaikan dengan Perda yang ada. Akan tetapi, apabila tetap melanggar, maka akan dilakukan penindakan tegas.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...