Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

5 Pembobol 11 Konter di Solo Terekam CCTV, Kerugian Capai Rp 1 Miliar

MuriaNewsCom, Solo – Kasus pembobolan 11 konter HP di Singosaren Plaza, di Kelurahan Kemlayan, Serengan, Solo, mulai menemukan titik terang. Aparat kepolisian mulai mengetahui para pelaku yang beraksi membobol dan menjarah ratusan HP pada Senin (22/10/2018) pagi tersebut.

Polisi mengidentifikasi pelaku berjumlah lima orang. Ini berdasar hasil analisis rekaman CCTV di lokasi kejadian.

Kapolsek Serengan, Kompol Ribu Giyono dikutip Antara mengatakan, awalnya dari rekaman CCTV yang terlihat hanya tiga orang. Namun setelah dilakukan pengamatan secara mendalam diketahui jika terduga pelaku sebanyak lima orang.

Para pelaku masuk dan keluar ke ruang plaza satu per satu. Hal ini setelah mencocokan hasil CCTV dari setiap gerai yang dibobol dan di ruang depan yang sebelumnya diamankan.

Apakah sudah ada titik terang identitas pelaku, polisi hingga sekarang masih melakukan penyelidikan dengan mendalami hasil rekaman CCTV di plaza.

Sementara Kepala Unit Reskrim Polsek Serengan Ipda Budi Santoso menambahkan, dari 11 gerai HP yang dibobol oleh kawanan pencuri, delapan gerai di antaranya telah dikuras habis barang daganganya. Tiga gerai lainnya hanya mengalami kerusakan di pintu rolling door dan meja etalasenya karena dirusak oleh pelaku.

Dari lima korban yang telah melaporkan diketahui mengalami kerugian sekitar Rp 600 juta. Namun, pihaknya memperkirakan total kerugian akibat kasus pencurian tersebut mencapai sekitar Rp 1 miliar.

Diberitakan sebelumnya, 11 konter dibobol dan dijarah isinya oleh kawanan pencuri. Belasan konter tersebut, berada di Singosaren Plaza, Solo, yang merupakan pasar HP terbesar di Solo. Kejadian pembobolan ini terjadi diperkirakan terjadi pada Senin (22/10/2018) pagi.

Salah satu korban, Nanang, Pemilik Micro Cell, mengaku menderita kerugian hingga Rp 200 juta. Pasalnya, dia memiliki stok ponsel keluaran baru seharga puluhan juta.

”Ada Samsung S8 juga yang dicuri. Semua HP baru. Rugi Rp 200 jutaan,” katanya pada wartawan.

Baca : 11 Konter di Solo Dibobol Maling

Pemilik konter lain juga mengaku hal serupa. Puluhan stok HP mereka dibawa kabur. Bahkan di salah satu toko, pelaku hanya mengincar HP, meski ada uang tunai tersimpan di dalam laci meja toko.

Berdasarkan pemeriksaan awal, diperkirakan pencuri melancarkan aksinya sekitar pukul 04.00 WIB. Pasalnya, sebelum jam itu, petugas keamanan melakukan patroli dan belum mendapati adanya konter yang dibobol.

“Jam tiga dan jam lima itu satpam patroli, petugas kami juga keliling, tapi tidak ada apa-apa. Kemungkinan kejadian jam 4-an,” kata Kapolsek Serengan, Kompol Giyono.

Ia menyatakan, polisi mendapat laporan adanya pencurian ini sekitar pukul 05.30 WIB. Petugas kemudian langsung memeriksa lokasi kejadian.

Selama proses penyelidikan semua pintu pasar HP terbesar di Solo itu ditutup. Para pemilik toko tidak diperbolehkan masuk. Hingga saat ini polisi masih melakukan penyelidikan.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...