Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Jajaki Pembangunan Pelabuhan Terintegrasi

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggagas pembangunan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri, perumahan, serta infrastruktur lainnya. Dengan intergrasi ini dipastikan investasi dan iklim ekonomi Jawa Tengah semakin tumbuh.

Ini dikatakan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, Rabu (24/10/2018). Gagasan pembangunan pelabuhan terintergasi ini muncul setelah, Selasa (23/10/2018) kemarin mengunjungi Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

“JIIPE ini sebagai kawasan terintegrasi berskala nasional. Kami ingin belajar bagaimana mekanisme pengelolaan kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan seperti JIIPE ini,” katanya.

Gus Yasin menyebut, Pelabuhan JIIPE merupakan model pelabuhan yang ideal. Karena keberadaannya dapat menekan biaya produksi maupun distribusi barang.

“Apabila berbagai sektor perusahaan berada dalam satu kawasan atau terintegrasi dengan pelabuhan, tol, jalur kereta api, perumahan, serta keperluan lainnya maka akan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi biaya logistik,” ujarnya.

Sudah ada sekitar 8 daerah di Jateng yang mengajukan pengembangan pelabuhan yang terintegrasi, salah satunya Kabupaten Kendal. Banyak perusahaan di berbagai sektor yang akan masuk ke kawasan terintegrasi di Jateng.

“Harus ada terobosan-terobosan baru untuk mengatasi berbagai persoalan, terutama terkait perizinan dan pengoperasian kawasan industri. Maka nanti akan kita koordinasikan lagi bersama OPD terkait,” terangnya.

Ia menambahkan, Pemprov Jateng akan terus mendukung peningkatan ekonomi daerah. Terutama menyangkut jaminan kemudahan perizinan kepada para investor yang ingin menanamkan modalnya. Langkah tersebut merupakan salah satu strategi pemprov untuk meningkatkan investasi.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...