Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringati Hari Santri, 7 Ribu Santri Padati Alun-alun Pati

MuriaNewsCom, Pati – Sebanyak 7000 santri dari berbagai daerah di Kabupaten Pati memadati Alun-alun, Senin (22/10/2018). Mereka datang untuk menyemarakkan Hari Santri Nasional dengan mengumandangkan lagu syubbanul wahton sambil mengibarkan bendera Merah Putih.

Ketua Panitia Kirab hari Santri, Ali Mahmudi mengatakan, kirab hari santri ini diikuti lebih dari 7000 santri.  Mereka dari pondok pesantren dan siswa madrasah yang tersebar di seluruh Kabupaten Pati.

“Jumlahnya memang lebih banyak. Kalau tahun lalu sekitar 5000 an santri, tahun ini sebanyak 7000an santri. Alhamdulillah antusias mereka sangat bagus,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dengan mengambil tema “Bersama Santri Damailah Negeri”, sekaligus untuk meneladani peran ulama khususnya KH. Hasyim Asyari dalam merebut kemerdekaan. Beliau bersama dengan ulama lainnya wakil-wakil dari cabang NU di seluruh Jawa dan Madura berkumpul di Surabaya.

Para ulama tersebut kemudian mendeklarasikan perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia sebagai perang jihad. Para santri dan pemuda berjuang dalam barisan Hisbullah. Sementara para kiai berada di barisan Mujahiddin yang dipimpin oleh KH Wahab Abdullah.

Isi dari Resolusi Jihad tersebut yakni, menegaskan bahwa hukum membela Tanah Air adalah fardhu ain bagi setiap islam di Indonesia. Tak hanya itu dalam Resolusi Jihad juga ditegaskan bahwa muslimin yang berada dalam radius 94 kilometer dari pusat pertempuran wajib ikut berperang melawan Belanda.

“Berdasarkan itulah kemudian hari santri ini lahir. Dan atas semangat itu pula, kami para santri hari ini memperingatinya sebagai momentum untuk meneguhkan kembali peranan santri atas kemerdekaan negeri,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...