Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jateng Jadi Provinsi Penyelenggara Pilgub Terbaik

MuriaNewsCom, Semarang – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng dan pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di Jateng 2018 dinilai paling baik. Bahkan Provinsi Jateng mendapat predikat sebagi penyelenggara pilgub terbaik.

Penilaian ini didasarakan hasil evaluasi yang dilakukan Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan. Dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di seluruh Indonesia, Pilgub Jateng dinilai paling berhasil menekan angka kerawanan.

“Jawa Tengah berdasarkan evaluasi dari Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan adalah terbaik penyelenggaraan pemilu. Itu tingkat kerawanan terkecil ada di Jawa Tengah,” kata Sekda Jateng, Sri Puryono.

Menurut dia, keberhasilan Provinsi Jawa Tengah menggelar pilgub, berkat sinergi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan.

Pihaknya berpendapat, KPU sebagai penyelenggara pemilu bekerja sangat baik dan profesional.  Bawaslu juga mengawasi jalannya pilgub ini dengan baik pula. Ketegasan, ketelitian, dan netralitasnya sangat terlihat. Aparat kepolisian dan TNI pun kompak menjamin keamanan penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut.

“Polisi dan TNI yang selalu siaga, tentu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat untuk menyalurkan suaranya. Masyarakat Jateng juga semakin melek politik, semakin cerdas dan turut menjaga suasana yang adem ayem selama pilgub berlangsung,” tuturnya.

Sri Puryono menjelaskan, partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 meningkat dibandingkan dengan Pilgub Jateng 2013. Pada Pilgub Jateng 2013 partipasi pemilih tercatat sebesar 55,73 persen, dan meningkat pada Pilgub Jateng 2018 yang menjadi 67,64 persen.

Meski demikian menurut dia, persentase partisipasi pemilih masih harus terus digenjot karena targetnya sebesar 75 persen.

“Dari sekian pemilih, yang memberikan hak suaranya masih sekitar 68 persen. Ini tentunya menjadi catatan dan kerja keras kita karena target kita partisipasinya 75 persen. Harapannya pada pilpres dan pileg nanti bisa kita tingkatkan lagi partisipasinya,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah itu juga mengapresiasi kandidat Pilgub Jateng Sudirman Said dan Ida Fauziyah yang menjunjung integritas selama kontestasi berlangsung.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Bapak Sudirman Said dan Mbak Ida yang telah berkontestasi secara jujur mengedepankan pendidikan politik untuk masyarakat Jawa Tengah. Saya juga memberikan apresiasi kepada rekan-rekan PNS yang dengan baik menjaga netralitasnya,” ujarnya.

Sri Puryono mengatakan, saat ini yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah perekaman KTP elektronik di Jawa Tengah yang belum tuntas. Hingga Agustus 2018, setidaknya terdapat 34.223 warga Jateng yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

“Mengenai daftar pemilih untuk kita siapkan pada pilpres 2019, yang masih belum merekam KTP sebanyak 34 ribu lebih. Itu data per Agustus 2018. Salah satunya yang masih banyak adalah Kabupaten Brebes” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...