Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Nestapa Siswa SD 1 Kaliwungu Kudus, Belajar di Bawah Atap Nyaris Ambrol

MuriaNewsCom, Kudus – Kondisi ruang kelas lima Sekolah Dasar (SD) 1 Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu sangat memperhatinkan. Sebanyak 23 murid terpaksa belajar di ruang kelas yang nyaris ambrol.

Dari pantauan MuriaNewsCom, terdapat enam titik lubang yang terlihat di plafon ruang kelas lima. Kondisi itu, dikhawatirkan akan menimpa para siswa pada saat kegiatan belajar mengajar. Oleh pihak sekolah terpaksa menyiasati dengan cara memberikan penyangga angkat atap dengan lima batang bambu.

Bagus Satri Pratama salah satu siswa kelas lima mengaku terganggu saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Ia bahkan khawatir jika sewaktu-waktu langit-langit tersebut ambrol. “Takut, apalagi kalau langit-langitnya (plafon) ambrol lagi,”ungkapnya.

Kepala SD 1 Kaliwungi Noor Cahya Arif mengatakan ambrolnya plafon tersebut terjadi hari Senin (15/10/2018) lalu. Beruntung pada saat kejadian sedang tidak ada aktivitas KBM, sehingga tidak ada korban.

“Ini kan kondisi cuaca alam yang belum menentu. Khawatir jika sewaktu-waktu turun hujan. Sehingga kami berinisiatif untuk menyangga dengan bambu dulu,” kata dia.

Ia mengatakan, selama tiga tahun terakhir baru mendapatkan bantuan rehabilitasi pada tahun ini. Namun bantuan dana alokasi khusus ini hanya bagi ruang kelas empat, enam, ruang kantor guru, dan ruang tamu. Sedangkan untuk ruang kelas lima masih belum mendapatkan bantuan.

“Hari ini kami tadi melaporkan ke UPT Dinas Pendidikan. Untuk realisasinya, saya belum tau. Apa tahun ini juga apa tahun depan, saya belum tahu,”jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Suharto mengatakan, pihaknya baru menerima laporan terkait rusaknya sekolah tersebut. Ia mengaku akan segera mengecek kondisi SD 1 Kaliwungu.

“Segera mungkin kami akan mengecek kondisi SD 1 Kaliwungu yang dilaporkan kondisinya ruang kelas lima rusak,”ujarnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...