Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Setahun, Kucuran Dana PKH di Pati Capai Rp 80 Miliar

MuriaNewsCom, Pati – Kucuran anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Pati, setiap setiap tahunnya mencapai Rp 80 miliar. Anggaran tersebut dibagikan dalam empat tahap, yakni setiap triwulan sekali.

Koordinator PKH wilayah Pati Agus Supriyanto mengatakan, sampai saat ini tahapan mencairan masuk pada tahap ke tiga. Sementara untuk tahap keempat, diakui bakal dibagikan pada November mendatang.

“Untuk setiap tahapannya ditaksir bisa mencapai sekitar Rp 20 miliar sedangkan untuk setahun ada empat kali pencairan,” jelasnya, Kamis (18/10/2018).

Selain itu, untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman, proses pencariran ditrasfer secara langsung ke masing-masing penerima PKH. Untuk besarannya sendiri juga berbada-beda, tergantung komponen yang masuk.

“Seperti komponen anak SD berjumlah 22.451 penerima, anak SMP sejumlah 13.132 penerima, anak SMA sejumlah 11.609 penerima, ibu hamil 447 penerima, balita 9.426 penerima, anak pra sekolah 1.006 penerima, lansia 11.508 penerima dan untuk disabilitas berat 337 penerima,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dalam tahapan pertama disalurkan untuk sebanyak 50.278 penerima, tahap kedua sebanyak 50.528 penerima dan tahap ketiga yang disalurkan Agustus lalu sebanyak 50.496 penerima.

Ditambahkan pula, untuk penerima PKH tetap ada system monitoring yang dilakukan secara berkala. Bahkan jika ada yang diketemukan telah mampu, bukan tidak mungkin yang bersangkutan akan diputuskan dari progam tersebut.

“Jadi tetap akan dilakukan evaluasi. Biasanya memang ada sejumlah kasus seperti itu. Diantaranya yang dulu orang tidak mampu namun setelah membuka usaha dalam tiga tahun rupanya sudah mampu berkembang perekonomiannya maka akan diputus,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...