Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

10 Formasi CPNS Bergengsi di Solo Ini Tak Laku, Tak Ada Pelamar Sama Sekali

MuriaNewsCom, Solo – Jutaan orang dari seluruh Indonesia berduyun-duyun mendaftarkan diri sebagai calon pegawai negeri, melalui seleksi yang digelar pemerintah tahun 2018 ini. Namun ternyata, ada formasi CPNS di Kota Solo yang benar-benar tak laku, karena sama sekali tak ada pelamar.

Formasi CPNS yang tak laku itu ternyata adalah formasi untuk dokter spesialis. Dari 13 formasi dokter spesialis yang dibuka Pemkot Solo, hanya tiga formasi yang ada pelamarnya. Sementara 10 formasi lain, nol pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo, Rahmat Soetopo menyatakan, tiga formasi dokter spesialis yang ada pelamar yakni dokter spesialis jantung, spesialis anestesi, dan spesialis paru-paru.

Sedangkan 10 formasi yang nol pelamar, yakni dokter spesialis bedah mulut, spesialis radiologi, spesialis bedah syaraf, spesialis forensik, spesialis anak, spesialis neurologi, spesialis THT, dan spesialis orthodontis.

”Ada dua kemungkinan. Yang pertama karena batasan usia, karena dari Kemen PAN usia dibatasi 35 tahun. Dan yang kedua, tidak ada yang daftar,” katanya pada wartawan.

Padahal menurut dia, formasi itu untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis di RSUD Ngipang, Kadipiro, Solo. Selama ini, Pemkot Solo mempekerjakan dokter spesialis secara kontrak untuk mengisi kekosongan.

“Dengan sekarang tidak ada yang minat, ya sudah kita lakukan lagi dengan kontrak, sampai adanya pembukaan berikutnya yang disetujui oleh Kemen PAN,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rakhmat  meminta kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) untuk mengubah syarat umur bagi dokter spesialis. Dari 35 tahun menjadi batas usia lebih tua.

Selain formasi dokter spesialis, tiga formasi guru dengan kategori penyandang disabilitas juga sepi peminat. Formasi itu yakni yakni dua duru agama Katolik untuk SDN Tegalrahjo dan SDN Kleco I, dan satu guru TIK untuk SMPN 12.

Setelah penutupan pendaftaran CPNS serentak di Indonesia pada 15 Oktober lalu, Pemkot Solo mencatat terdapat 7.419 pelamar yang mendaftar melalui website sscn.bkd.go.id. Pemkot Solo sendiri membuka formasi CPNS 2018 sebanyak 461.

“Kita akan mengadakan verifikasi kepada 7.419 pelamar pada tanggal 19 Oktober, dan pada tanggal 26 Oktober akan diadakan test CAT di Sragen,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...