Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hampir Rampung, Bupati Kudus dan BBWS Pemali Juana Tinjau Bendungan Logung

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus M. Tamzil bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana melakukan kunjungan di Bendungan Logung yang berada di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Selasa (16/10/2018). Mereka melakukan peninjuan sebelum bendungan tersebut selesai dibangun pada awal bulan November 2018 mendatang.

Terlihat Bupati dan BBWS Pemali Juana bersama rombongan meninjau Bendungan Logung dari atas gardu pandang. Mereka memantau pembangunan satu demi satu supaya taka da yang tertinggal

Kepada awak media, Tamzil mengaku senang dengan project Bendung Logung. Karenanya, akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat perihal pemanfaatan bendungan seluas lima hektare tersebut.

”Tentunya Pemerintah Kabupaten Kudus nantinya akan melakukan tahapan sosialiasasi terkait penggunaan bendungan. Sehingga masyarakat disekitar bendungan dapat memanfaatkan air bendungan secara maksimal,” jelasnya, Selasa (16/10/2018).

Bupati Kudus M. Tamzil melakukan kunjungan di Bendungan Logung terletak di Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo, Selasa (16/10/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji).

Ia mengatakan terkait penataan, ia meminta untuk melakukan penataan di wilayah Bendungan Logung. Ia pun mewanti-wantu supaya penataan bendungan Logung tidak semprawut ataupun menimbulkan kecemburuan di masyarakat.

”Kami nantinya meminta untuk ada penataan. Nanti juga ada pihak dari balai konsultan untuk melakukan penataan di wilayah Bendungan Logung ini,”lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Pemali Juana Ruhban Ruzziyatno menyampaikan untuk bendungan Logung direncanakan selesai 100 persen pada awal bulan November mendatang. Direncanakan saat musim penghujan nanti, bendungan Logung akan mulai diisi air. Diperkirakan dalam pengisian membutuhkan waktu selama satu musim penghujan.

“Pertengan November kami perkirakan bendungan Logung sudah terisi. Kan kalau kami dimusim penghujan waktunya untuk melakukan pengisian air. Kemudian pada musim kemarau kami melakukan membuka Bendungan Logung untuk perarian warga,” jelasnya.

Disebutkan dia, bendungan logung ini selain berfungsi untuk perairan warga sekitar. Kedepannya juga diperkirakan untuk mengurangi terjadi banjir yang ada di Kabupaten Kudus.

“Selain itu juga untuk meminimalisir terjadinya banjir yang ada di Kabupaten Kudus. Setidaknya 35 persen. Mudah-mudahan bendungan ini dapat mengurangi banjir yang ada di Kabupaten Kudus,” tandasnya.

Sebelumnya, mega proyek pembangunan Bendungan Logung tersebut dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui APBN sebesar Rp 604.15 miliar. Anggaran sebesar itu meliputi biaya kontruksi sebesar Rp 584.94 miliar, sedangkan biaya supervisi sebesar Rp 19.21 miliar.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...