Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Peringati HCT, Pemkab Jepara Galakkan Cuci Tangan Pakai Sabun

MuriaNewsCom, Jepara – Tanggal 15 Oktober, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan (HCT). Hal ini dilakukan untuk mengingat pentingnya aksi sederhana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Awalnya digelar untuk anak-anak di sekolah tetapi kemudian meluas.

Setiap tahun, agenda ini selalu diperingati lebih dari satu miliar orang di berbagai belahan dunia. CTPS adalah tindakan paling efektif dan efisien untuk menghindari berbagai penyakit, di antaranya diare, cacingan, dan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), yang setiap tahunnya merenggut banyak jiwa.

Seperti yang dilakukan ratusan anak-anak SD Negeri 1 Langon, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Senin (15/10/2018). Bersama sejumlah pejabat teras Pemkab Jepara, Tim Penggerak PKK (TP PKK) Jepara, Kepala SD Negeri se Kecamatan Tahunan, dan Pemdes Langon, mereka secara serentak membersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Tindakan ini selain mengubah cuci tangan sebelum makan dan setelah ke toilet menjadi sebuah vaksin alami, juga bertujuan mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan.

Ketua TP PKK Kabupaten Jepara, Chuzaimah Marzuqi, menjelaskan Peringatan Hari CTPS sedunia ini merupakan langkah positif pihaknya dalam menjaga kesehatan, terutama pada anak-anak usia sekolah dan masyarakat. Diharapkan aksi sederhana itu dapat melindungi dari berbagai penyakit menular.

Para siswa melakukan cuci tangan menggunakan sabun saat memperingati Hari Cuci Tangan (HCT) bersama pejabat teras Pemkab Jepara. (Diskominfo Jepara)

“Manfaat utama cuci tangan pakai sabun adalah melindungi diri dari berbagai penyakit menular. Banyak penyakit itu ditularkan lewat tangan yang tidak bersih,” ujar Chuzaimah.

Salah seorang siswa peserta kelas 5, Ruben Aditya, merespon positif peringatan CTPS tingkat Kabupaten Jepara dilaksanakan di sekolahnya. Dengan adanya kegiatan ini, ia bersama teman-temannya lebih memahami betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan tersebut. “Selama ini tahunya hanya cuci tangan dengan sabun, sekarang jadi tahu banyak sekali manfaatnya,” tutur Ruben.

Dalam Peringatan Hari CTPS sedunia ini, para murid SD langsung dicontohkan enam cara cuci tangan menggunakan sabun dan mempraktikkannya. Sebelum dilaksanakan aksi ini, usai apel juga disosialisasikan aksi Ayo Minum Air (AMIR) kepada anak-anak. Kemudian dilakukan senam AMIR, senam maumere gerakan cuci tangan, senam meraih bintang, senam pinguin, dan senam germas hidup sehat.

Disela-sela apel peringatan, tak ketinggalan juga diserahkan secara simbolis beberapa bantuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kepada SD Negeri 1 Langon. Antara lain, Satu set UKS KIT, satu set bola sepak takraw dan tenis meja , satu set tempat sampah pilah dan enam keranjang sampah, 150 paket makanan ringan berbahan dasar ikan, dan puluhan bibit tanaman buah.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...