Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Asyik, Wings Air Juga Buka Jalur Penerbangan Semarang – Karimunjawa Tiap Hari

MuriaNewsCom, Jepara – Beberapa maskapai mulai tertarik untuk membuka jalur penerbangan ke Karimunjawa. Setelah maskapai Nam Air pada bulan Juni lalu, kini giliran maskapai Wings Air dengan kode penerbangan IW siap melayani rute penerbangan Semarang ke Karimunjawa.

Penerbangan perdana (inaugural flight), diikuti rombongan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, didampingi Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, pada, Jumat (12/10/2018) siang, dari Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewandaru Karimunjawa.

Wings Air yang merupakan anak usaha dari Lion Group ini, berencana mengoperasikan rute penerbangan tersebut setiap hari. Selain rute Semarang – Karimunjawa ini, juga terkoneksi dengan kota-kota besar lainnya.

Baca: Kini Semarang-Karimunjawa Sudah Ada Penerbangan Tiap Hari, Ini Harga Tiketnya

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyabut baik jalur penerbangan ini. Dengan adanya maskapai Wingi Air ini, akan semakin membuka keterisoliran Kepulauan Karimunjawa, khususnya melalui jalur udara. “Alhamdulilah, dengan adanya penerbangan baru ini, semoga semakin menggairahkan wisata di Karimunjawa” kata bupati.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memotong pita di bandara Karimunjawa ditemani Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. (Diskominfo Jepara)

Jalur udara ini, dapat menjadi alternatif transportasi lain bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Karimunjawa. Diharapkan juga mampu mendongrak pariwisata dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang menjadi salah satu destinasi andalan di Jepara. “Selama ini transportasi kapal, kadang terkendala cuaca. Adanya penerbangan ini, bisa dijadikan alternatif lain mengakses jalur Karimunjawa,” tuturnya.

Tidak hanya itu, semakin bertambahnya akses transportasi, akan menarik minat para investor, untuk menanamkan modal di Karimunjawa. “Mudah-mudahan ini, juga akan dibarengi dengan para investor,” tuturnya.

Sesuai dengan jadwal, maskapai Wings Air ini, dijadwalkan berangkat dari bandara Ahmad Yani Semarang  pukul 11.20 dan tiba di Bandara Dewandaru Karimunjawa pada pukul 11.50 WIB. Sedangkan untuk rute sebaliknya di hari yang sama, penerbangan lepas landas dari Karimunjawa pukul 12.10 dan mendarat di Semarang pada 12.40.

Pesawat Wing Air yang digunakan rute tersebut berjenis ATR 72-500 atau ATR 72-600. Rute Semarang-Karimunjawa ini juga dapat dilanjutkan ke Pangkalan Bun, Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, Surabaya, Lombok, dan Banjarmasin. Sedangkan Harga tiket Semarang-Karimunjawa ini dipatok mulai dari Rp. 407.000. Adapun jenis pesawat yang digunakan dari Semarang menuju Karimunjawa berkapasitas bisa mencapai 72 penumpang, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit perjalanan (NAP)

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...