Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Antisipasi Pungli, Dishub Kudus Bakal Terapkan Pembayaran Uji KIR Secara Non Tunai

0 458

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus bakal menerapkan pembayaran uji KIR secara non tunai. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya praktek pungutan liar atau pungli.

Kepala Dishub Kudus Abdul Halil mengatakan dengan pembayaran KIR secara non tunai itu akan menghilangkan praktik pungli. Terlebih lagi dengan pembayaran secara non tunai tarif uji KIR akan sesuai dengan semestinya.

“Apalagi jika misal nanti tarif pemilik kendaraan tidak sesuai maka pemilik kendaraan tidak akan bisa masuk Uji Kir karena sudah menerapkan secara online atau non tunai tersebut,” papar dia, Kamis (11/10/2018).

Ia mengatakan pembayaran lewat non tunai tersebut nantinya akan dilakukan melalui aplikasi khusus. Saat ini aplikasi itu masih dalam tahap persiapan.

“Rencananya, pada Desember mendatang baru bisa dilaunching untuk diterapkan dalam pelaksaan uji KIR,” jelasnya, Jumat (11/10/2018).

Ditambahkan dia, selain itu juga ia akan memasang cctv di sekitar ujir KIR. Sehingga praktek korupsi bisa dipantau oleh Dishub Kudus.

“Untuk kelancaran program ini, kami menjalin mitra dengan Bank Jateng selaku penerima tarif pembayaran KIR,” lanjutnya.

Oleh karena itu, apabila ada sewaktu-waktu dilakukan operasi pungutan liar, ia mengaku siap. “Kalaupun ada operasi tangkap tangan (OTT) oleh Polda Jawa Tengah terhadap oknum Dishub seperti Kabupaten Rembang beberapa waktu lalu. Kami siap jika sewaktu-waktu ada operasi serupa di Dishub Kudus,” ungkapnya.

Sementara itu, secara terpisah Bupati Kudus M Tamzil mengatakan adanya OTT di Dishub Rembang harus menjadi perhatian. Tidak hanya bagi Dishub Kudus saja, melainkan semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kudus.

“Kudus harus siap-siap juga, nanti saya yang OTT,” pungkasnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.