Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bawaslu Pati Segara Putus Sengketa PAN dan KPU

MuriaNewsCom, Pati – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati akan segera memutus sengketa Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) PAN yang dianulir oleh KPU Pati. Bahkan, Bawaslu sudah melakukan mediasi melalui siding ajudikasi.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, sengketa itu dimulai ketika PAN terambat dalam melaporkan LADK. Padahal, tenggat waktu yang diberikan KPU adalah pada 22 September. Tetapi LADK PAN diserahkan setelah tanggal tersebut.

Sementara dalam PKPU Nomor 24 tahun 2018, bahwa bagi parpol yang terlambat atau tidak menyerahkan LADK sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan, maka parpol tersebut akan dianulir kepesertaannya dalam pemilu 2019.

“Gugatan yang dijukan PAN itu terkait tidak diakomodirnya LADK oleh KPU. Padahal, parpol tersebut sudah melaporkan ke KPU,” ungkapnya, Rabu (10/10/2018)

Dalam siding ajudikasi yang sudah dilakukan, PAN meminta agar KPU mengakomodir LADK PAN yang sudah diajukan. Sementara KPU juga sudah sepakat untuk memenuhi permintaan parpol tersebut.

“Dari PAN berhrap agar KPU membatalkan keputusan menganulir partai itu. Dari PAN juga berharap agar KPU tidak melakukan hal serupa, mengingat PAN melaporkan LADK sehari setelh putusan,” imbuhnya.

Setelah mediasi panjang, akhirnya mendapatkan keputusan dan sudah dituangkan dalam berita acara. Rencananya, hasil putusan akan dibacakan besuk (11/10/2018) di Kantor Bawaslu Pati.

“Kami harap pihak yang bersengketa ini bisa hadir dan mendengarkan hasil siding dan putusan yang sudah disepakati bersama,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...