Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dislautkan Optimistis Target PAD TPI Juwana Tercapai

MuriaNewsCom, Pati – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Juwana sampai pada tri wulan ke tiga ini sudah mencapai 76 persen, atau Rp 5 miliar lebih dari target Rp 6 miliar. Dipastikan, sampai pada akhir Desember mendatang, PAD sudah mencapai 100 persen.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati Edy Martanto mengatakan, untuk target PAD, sampai akhir tahun dipastikan sudah terpenuhi. Sebab, sampai pada tri wulan ke tiga ini, jumlah pendapatakan sudah mencapai 76 persen dari target awal yang hanya 75 persen.

“Kami optimistis tetap mencapai target PAD sampai akhir tahun mendatang. Itu bisa dilihat dari triwulan saat ini,” ungkapnya, Senin (8/10/2018).

Dirinya menjelaskan, saat ini kondisi TPI memang semakin sepi. Hal itu lantaran banyak kapal nelayan yang membongkar hasil tangkapannya di Papua. Mengingat, wilayah perairan Papuan memang masih banyak habitat ikan.

“Kapal kalau sudah berlayar hingga Papua, kan tidak mungkin kalau setiap bulan kembali ke Pati. Hasil tangkapannya di angkut menggunakan kapal angkut sapai ke Surabaya. Sesampainya di Surabaya, langsung dijemput dengan kontainer. Baru kemudian di bawa ke TPI Juwana. Itu pun tidak masuk pelelangan,” imbuhnya.

Namun, lanjut Edy, ikan yang sudah masuk di kontainer dan datang ke TPI Juwana, hanya melayani para rekangan pengolah ikan. Sehingga, mereka tidak dikenakan retribusi jasa pelelangan, melainkan hanya jasa parkir.  Itulah yang bisa mengurangi pendapatan TPI.

Selain itu, khusus untuk kapal angkut di Pati memag belum mempunyai izin untuk digunakan, sehingga mayoritas para pemilik kapal memilih mengunakan jasa pengakut kapal di daerah lain. Kalau kapal angkut itu sudh mempunyai izin operasi, tentunya para nelayan akan menggunakan jasa mereka.

“Itu memang sulit.  Tapi yang penting target PAD untuk tahun 2018 ini bisa tercapai. Karena sedikit  kapal yang masuk TPI ini, kami jadi serius banget untuk mengelolahnya dan berusaha memenuhi target tersebut,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...