Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mencicipi Nasi Pendo Khas Desa Kecapi, Nikmatnya Bikin Ketagihan

MuriaNewsCom, Jepara – Jika berkunjung ke Desa Kecapi yang berada di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner khas Desa Kecapi, salah satunya “Nasi Pendo”.

Makanan olahan udang sungai yang ditumbuk dicampur berbagai bumbu dan parutan kelapa ini cocok untuk lidah orang Indonesia. Terlebih penyajiannya yang alami dengan dibungkus daun mengkudu serta daun pisang, menambah aroma khas saat disantap yang dapat menggugah selera makan.

Apalagi setelah dibukanya Pasar Desa Kecapi Pelem Gogor, yang berada di RT 23 RW 4, Dukuh Nganjir pada Jumat (5/10/2018), nasi pendo yang dulunya hanya dijajakan dengan cara dititipkan di warung-warung kecil, kini makin mudah untuk dijumpai. Di Pasar yang berkonsep kuliner dan wisata itu, nasi pendo banyak dijajakan oleh para ibu-ibu PKK perwakilan depalan RW di lapak-lapak pasar tersebut.

Menurut salah satu Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kecapi, Kasir, mengungkapkan kesederhanaan dan gurih manisnya khas udang kali sangatlah nikmat. Terlebih dipadu dengan nasi putih hangat membuat makanan ini tidak kalah dengan makanan jaman sekarang.

Sejumlah warga mencicipi gurihnya nasi pedo, khas desa Kecapi, Jepara. (DiskominfoJepara)

”Rasanya itu khas dan itu tidak ada di daerah lain, jadi adanya itu di Kecapi ini,” tutur dia.

Tak berselang lama, makanan yang dibandrol cukup murah yakni Rp 5 ribu per bungkus lengkap dengan nasi, ludes berpindah ke kantong belanjaan para pembeli. Selain bisa dibawa pulang, pembeli juga bisa menikmatinya langsung di lokasi bersama keluarga maupun teman.

Pengunjung juga dimanjakan dengan hawa sejuk alami pedesaan, rindangnya pepohonan, juga dihibur alunan melodi kesenian musik tradisional “Thongtek”. Tidak hanya nasi pendo, beragam produk olahan mulai dari kuliner hingga kerajinan menarik dan unik lainnya turut disajikan disana.

Sementara itu, Pejabat (Pj) Petinggi Kecapi Ahmad Widiyanto mengaku, banyaknya hasil produk unggulan khas warga kecapi, serta semangat memasarkan produk. Pasar Desa Kecapi Pelem Gogor, dikataknaya siap memanjakan pengunjung mulai pagi hingga petang hari. Selain melayani pembeli dalam partai kecil, Pria yang akrab disapa Wiwid ini menuturkan para pedagang juga siap melayani pembelian dalam partai besar.

”Pasar ini bisa dimulai sepagi mungkin, karena ternyata warga masyarkat Kecapi punya banyak produk. Di luar Kecapi pun silahkan untuk mengambil barang-barang atau kulakan di Pasar Kecapi,” ujar dia.

Ditandai dengan pengguntingan pita dan penanda tangan prasasti oleh Kepala Disperindag, Ratib Zaini, Pasar Desa Kecapi Pelem Gogor resmi menjadi pasar desa ke-50 di Kabupaten Jepara  yang di kelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes).

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...