Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kades di Kendal Dicopot Setelah Didemo Gara-gara Dana Desa

0 1.717

MuriaNewsCom, Kendal – Bupati Kendal Mirna Annis memerintahkan pencopotan sementara terhadap Mulyanto sebagai Kepala Desa Purwogondo, Kecamatan Boja. Pencopotan dilakukan lantaran kepala desa itu ditengarai melakukan penyalahgunaan Dana Desa.

Pencopotan itu diperintahkan Mirna saat melakukan sidak di Balai Desa Purwogondo, Kamis (4/10/2018). Bahkan saat sidak itu, kedatangan bupati disambut aksi demonstrasi warga yang mendesak agar kepala desa segera dipecat karena telah menyelewengkan dana desa.

“Terhitung mulai hari ini,  kades harus dicopot sementara waktu. Ini sudah menyangkut perkara pidana maka Polres Kendal akan memeriksa kasus tersebut, ” katanya.

Ia menyatakan, pencopotan sementara dilakukan untuk mempermudah proses penyelidikan. Menurut dia, jika dalam prosesnya nanti dipastikan kepala desa tersebut terbukti melanggar hukum, maka akan langsung dipecat.

Dalam sidak tersebut, Bupati Mirna menemui warga yang melakukan aksi demo. Ia juga mendengar laporan warga tentang data-data dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh kades.

Salah satunya klaim kades terhadap pembangunan bendungan irigasi di Dusun Mangir. Padahal bendungan itu dibangun menggunakan dana dari APBD bukan Dana Desa.

Bupati juga diajak ke lokasi untuk melihat bendungan irigasi yang pembangunannya diduga tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya.

Kapolsek Boja AKP Windoyo juga mengatakan, pihaknya telah menemukan barang bukti  penyalahgunaan yang dilakukan oleh Kades dua periode tersebut. Salah satunya berupa prasasti pembangunan bendungan.

Saat ini lokasi bendungan telah diberi garis polisi, dan kasusnya sudah ditangani Unit Tipikor Polres Kendal.

“Memang benar jika sebelumnya ada prasasti yang telah tertulis, terkait kasus ini telah diambil oleh pihak Tipikor Polres Kendal. Untuk lokasi saat ini kami pasangi police line” Terang Kapolsek Boja.

Sementara itu, Kades Purwogondo Mulyanto menyatakan, pihaknya siap diperiksa, karena menyakini telah bekerja sesuai prosedur.

“Saya sudah melakukan sesuai dengan prosedur dan aturan. Mulai dari Musrenbang desa yang mengundang seluruh ketua RT dan RW,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.