MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang Pilpres dan Pileg, Dispendukcapil Pati Sasar Perekaman E-KTP di Sekolah

0 335

MuriaNewsCom, Pati – Menjelag pesta demokrasi pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) 2019, Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pati mulai melakukan perekaman bagi para siswa yang sudah cukup usia pada saat pemungutan suara. Itu dilakukan agar mereka nantinya dapat menggunakan hak pilih.

Kepala Dispendukcapil Pati Rubiono mengatakan, langkah tersebut memang menjadi terobosan untuk memaksimalkan proses perekaman. Sesuai arahan dari Dirjen Catatan Sipil memang menyebutkan bagi pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada 17 April 2019 mendatang wajib melakukan perekaman.

“Dalam pemilu 2019 nanti pemilih memang harus punya E-KTP. Maka dari itu kami membuat inisiatif untuk melakukan jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah,” terangnya, Selasa (2/10/2018).

Dia menambahkan, dalam seminggu pihaknya melakukan rekaman keliling sebanyak tiga kali ke tempat publik. Tidak hanya di sekolah, bahkan pihaknya juga menyasar masyarakat desa yang lokasinya jauh dengan kecamatan. Sehingga,  mereka yang belum melakukan rekaman, bisa melalui rekaman keliling tersebut.

“Sekolah itu kan jelas untuk siswa yang berusia 17 tahun biasanya ada di kelas XI atau XII jadi mudah terpantau mana yang belum melakukan perekaman. Sehingga bisa dimaksimalkan,”terangnya.

Sementara itu, Wahyu Aji Ramadhan, salah satu siswa SMA N 1 Pati mengaku senang dengan adanya layanan tersebut. Karena dengan begitu dirinya tak perlu jauh-jauh datang ke kantor kecamatan maupun Disdukcapil untuk melakukan perekaman.

“Kebetulan ini sudah berumur 17 tahun kalau sudah punya EKTP tentu saja saat pilpres dan pileg nanti sudah bisa ikut menggunakan hak suara,” tutupnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.