Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Di Haul Mbah Suro Ngawi, Bupati Tamzil Pastikan Tahun Depan Guru Ngaji Digaji Rp 1 Juta

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus, HM Tamzil memastikan program gaji Rp 1 juta untuk guru ngaji di Kabupaten Kudus akan mulai terealisasi tahun depan. Pemkab menyiapkan dana sebesar Rp 144 miliar yang salah satunya untuk membiayai program ini.

Ini dikatakan Tamzil saat menghadiri pengajian umum haul cikal bakal Dukuh Karangmojo, Mbah Suro Ngawi dan Empat Belasan Jam’iyyah NU Ranting Desa Getassrabi. Acara ini diselenggarakan di depan Masjid Jami’ Dukuh Karangmojo, Getassrabi (1/10/2018) sore.

“Untuk bulan-bulan ini masih pendataan biar tidak salah, dan masih proses di DPRD,” ujarnya.

Ia menyebut, dana sebesar Rp 144 miliar itu sudah dianggarkan untuk program gaji guru ngaji, imam masjid maupun khotib. Termasuk pengobatan gratis di RSUD kelas tiga. Dalam program pengobatan gratis ini masyarakat hanya tinggal membawa KTP dan KK ke RSUD Kudus.

Sementara itu, mengenai Haul Mbah Suro Ngawi Getassrabi merupakan kegiatan ngaji pertamanya sejak dilantik sebagai bupati sepekan lalu.

“Terima kasih telah menerima saya di sini. Semoga semua yang hadir di sini diberi kesempatan untuk ziarah ke Mekkah dan Madinah,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan panitia haul, Kiai Sholikhan menyebut, haul ini sekaligus untuk mengingat perjuangan Mbah Suro Ngawi di Dukuh Karangmojo menjadi lebih relijius.

Kepala Desa Getassrabi H Badrus juga menjelaskan haul ini untuk ‘ngrumati’ cikal bakal dukuh. “Biar dukuh tambah tentram, damai, dan diberikan sehat,” ujarnya.

Badrus menyampaikan walaupun generasi yang sekarang tidak pernah bertemu Mbah Suro Ngawi, tapi bisa selalu mengenang karena diselenggarakannya haul. Acara haul cikal bakal Dukuh Karangmojo Mbah Suro Ngawi menghadirkan KH Idham Cholid dari Demak, untuk memberikan tausiyah. (nap)

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...