Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

28 Fragmen Fosil Gajah Purba Dikonservasi ke Situs Purbakala Pati Ayam Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran berhasil menemukan 28 fragmen fosil gajah purba jenis stegoden. Fragmen fosil gajah itu terdiri dari gading, tulang rusak, dan tulang belakang. Saat ini temuan fosil tersebut sudah dipindahkan ke Situs Purbakala Pati Ayam.

Juru Pemelihara Situs Purbakala Pati Ayam, Jamin mengatakan fosil yang diperkirakan berusia jutaan tahun ditemukan di Desa Wangunrejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Fosil itu ditemukan oleh salah satu warga bernama Zaenuri.

“Adanya informasi temuan fragmen fosil seminggu yang lalu, kemudian langsung ditindaklanjuti oleh BPSMP Sangiran,” kata dia.

Ia mengatakan pada saat proses evakuasi fosil di lapangan cukup lama. Sekitar hampir tujuh hari pihaknya baru bisa memindah fosil tersebut ke Situs Purbakala Pati Ayam.

“Saat ini kami masih belum bisa memberikan keterangan lebih detail. Seperti umur fosil dan lainnya. Sebab fosil temuan tersebut masih dalam tahap penelitian oleh BPSMP,” katanya.

Diperkirakan kedepannya penemuan fosil di kawasan Pati Ayam terus bermunculan. Dalam kurun waktu setahun terakhir lebih dari seratus fosil yang telah ditemukan dan dikonservasi di Situs Purbakala Pati Ayam.

Dari jumlah total mulai tahun 2004 hingga awal 2018 ini sudah ada sekitar 6.200 fragmen. Semuanya sudah terdata dalam Situs Purbakala Pati Ayam.

“Bahkan saya memastikan jumlah temuan tersebut akan terus bertambah. Mengingat ada beberapa titik yang dimungkinkan ada fosil kembali,” lanjutnya.

Ada dua titik lagi yang sudah positif ditemukan fosil. Keduanya ada di Dusun Karang Subur, Desa Klaling, kecamatan Jekulo. Tepatnya  dititik kawasan perhutani, dan satunya berada di lahan milik warga.

”Namun kami belum bisa melakukan konservasi, karena keterbatasan akomodasi. Diperkirakan di sana ada fragmen gading gajah purba dan freagmen kepala banteng,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...