Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Relawan dari Jateng Dikirim ke Palu Lewat Jalur Laut

MuriaNewsCom, Semarang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berencana mengirimkan relawan dan bantuan untuk penanganan bencana di Palu. Relawan akan dikirim melalui jalur laut, karena jalur udara belum memungkinkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan, rencananya pengiriman relawan dan bantuan akan diberangkatkan pada 6 Oktober 2018 mendatang.

“Rencana berangkat tanggal 6 Oktober dari Semarang pakai kapal, transit Surabaya dulu tanggal 7 Oktober baru ke sana (Palu),” katanya, Senin (1/10/2018).

Ia menyatakan, pemberangkatan terpaksa menggunakan kapal karena jalur transportasi udara masih lumpuh di lokasi bencana. Personel utama yang berangkat sekitar 60 orang. Terdiri dari perwakilan BPBD kabupaten/kota se-Jateng, Dinas Sosial, PMI, dan unsur lainnya.

“Rencana kami buka dapur umum di sana, bawa truk tanki, logistik juga. Mungkin rencana awal sepekan di sana, tergantung situasi,” ujarnya.

Baca : Mahasiswa dari Palu Ini Temui Ganjar Minta Bantuan Pulang Kampung

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, jajarannya telah melakukan koordinasi untuk pengiriman bantuan dan relawan bencana di Palu. Saat ini Pemprov Jateng telah menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke sana termasuk paket-paket untuk bantuan sementara.

“Ini inisiatif saja. Dari BPBD, PMI, Dinsos semuanya sudah terbiasa, kalau seperti ini mereka langsung rapat. Maka tadi dilaporkan ke saya hari ini mereka bicara semoga sudah ada hasilnya. Kalau memungkinkan akan kirim lagi, seperti di Lombok kemarin,” katanya.

Ganjar juga menyebut, hari ini pihaknya sudah mengumpulkan donasi dari pemerintah, pegawai pemprov, dan Bank Jateng juga sudah siap. “Kebutuhannya apa kita kirimkan. Saya sendiri akan ke sana mengirim ini bersama relawan,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...