MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Jateng Desak Anggaran Pertanian Dinaikkan Capai Rp 1 Triliun

0 356

MuriaNewsCom, Semarang – Kalangan DPRD Jawa Tengah menyayangkan minimnya anggaran yang disiapkan pemerintah di bidang pertanian. Mereka mendesak alokasi anggaran ditingkatkan dan menjadi prioritas untuk peningkatan kesejahteraan.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Ahsin Makruf menyebut, anggaran pertanian di provinsi ini kurang dari Rp 1 triliun. Anggaran itu menurutnya sangat kecil untuk mengurusi masalah pertanian di Jateng yang sangat kompleks.

“Anggaran pertanian di Jateng pada 2018 yang kurang dari Rp 1 triliun saat ini masih terlalu kecil jika melihat keinginan pemerintah mewujudkan swasembada dan mewujudkan ketahanan pangan,” katanya dilansir Antara.

Menurut dia, anggaran pertanian juga perlu menjadi prioritas Pemprov Jateng dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jateng untuk lima tahun ke depan.

“Anggaran pertanian harus masuk dalam RPJMD lima tahun ke depan sebagai wujud nyata keberpihakan pemerintah kepada para petani,” ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional(PAN) itu mengungkapkan. sejumlah persoalan yang dihadapi di bidang pertanian antara lain, kebanyakan petani hanyalah petani penggarap dan petani yang memiliki lahan di bawah 0,5 hektare.

Hal itu berarti, kata dia, para petani tersebut merupakan petani golongan kecil dan berdasarkan pantauannya, banyak lahan pertanian di Kabupaten Semarang yang dimiliki pemodal dari kota-kota besar.

Selain itu, tata ruang pertanian harus diperhatikan karena menjadi isu krusial di bidang pertanian.

Editor : Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.