Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Mengenal Komunitas Sahabat Lestari yang Punya Segudang Artis

MuriaNewsCom, Demak – Sejumlah pemuda berseragam kaus warna biru terlihat sering ke luar masuk desa-desa di wilayah Demak, Jepara, maupun Kudus. Desa-desa yang mereka datangi sebagian besar adalah desa yang terdampak kekeringan.

Kelompok pemuda ini melakukan survei seberapa besar dampak kekeringan terhadap kehidupan warga. Tak hanya sekadar survei, mereka juga menggelontorkan bantuan air bersih ke desa-desa tersebut.

Kelompok pemuda ini dari Komunitas Sahabat Lestari. Dan sebenarnya, kegiatan mereka tak hanya bagi-bagi air bersih saja, tapi juga banyak kegiatan sosial lainnya. Kegiatan yang rutin digelar yakni pengobatan gratis.

Bahkan di antara kumpulan para pemuda ini, sering di antaranya datang kalangan artis ibu kota. Para artis ini juga ikut aktif mengikuti berbagai kegiatan yang digelar komunitas ini,

Lestari Moerdijat sebagai Dewan Pembina Sahabat Lestari menyebut, komunitas ini bergerak pada bidang sosial kemanusiaan, pemberdayaan dan pendidikan. Ia menyebut, komunitas ini tersebar di berbagai daerah di Jateng dan DIY. Seperti di Demak, Kudus, Jepara, Temanggung, Kota Semarnag, Yogyakarta, Bantul, Banjarnegara, Purwokerto dan lainnya.

“Fokus utama komunitas ini adalah bekerja sama dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama dalam hal kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” katanya.

Selain itu menurut dia, Sahabat Lestari juga mengemban misi ikut berpartisipasi dalam upaya memperkenalkan, mempromosikan potensi kebudayaan, pariwisata, dan produk UMKM di berbagai daerah. Tujuannya tidak lain adalah menjadi bagian dari potongan puzzle untuk memajukan masyarakat dan daerah tersebut.

Dalam perkembangannya, Komunitas Sahabat Lestari menggandeng sejumlah pihak. Mulai dari pemerintah, tokoh, media dan artis.

“Para artis ini adalah duta bagi komunitas kami. Mereka adalah figur yang sudah akrab dengan masyarakat,” ujarnya.

Sejumlah artis yang kerap turun dalam kegiatan Sahat Lestari di antaranya Edies Adellia, Bertrand Antolin dan lainnya.

Bahkan selama akhir pekan ini, Bertrand Antolin ikut turun dan berkeliling ke Demak dan Jepara mengikuti berbagai kegiatan sosial yang digelar Sahabat Lestari. Sabtu (22/9/2018) kemarin, Bertrand datang ke Desa Wonowoso, Kecamatan Karangtengah, Demak untuk mengikuti kegiatan pengobatan gratis.

Sore harinya, ia menyapa warga di Desa Merak, Kecamatan Dempet, Demak dalam rangka pendistribusian air bersih untuk Masyarakat terdampak kekeringan. Keesokan harinya, Minggu (23/9/2018) dini hari, Betrand Antolin juga melepas rombongan ziarah wali bersama Lestari Moerdijat di Desa Kedungleper, Kecamatan Bangsri, Jepara. Di Jepara, artis ini juga mendatangi pelatihan makeup dan hijab di Desa Gemiring Lor, Nalumsari, Jepara.

Dalam berbagai kesempatan Bertrand Antolin mengaku dirinya  sangat antusias dan bahagia saat menjalankan peran sebagai duta Sahabat Lestari. “Karena bisa bertemu, menyapa, dan berbagi dengan warga. Saya berharap warga bisa mendapatkan manfaat dari program-program yang diselenggarakan ini,” terangnya.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...