Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sedekah Bumi, Warga Bodeh Pati Gelar Kirab Merah Putih dan Gunungan

0 528

MuriaNewsCom, Pati – Sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan, masyarakat Desa Bodeh, Kecamatan Puncakwangi menggelar tradisi sedekah bumi, Jumat (21/9/2018). Dalam acara tersebut, warga mengadakan kirab merah putih yang kemudian disusul dengan kirab gunungan.

Bahkan ada beberapa warga yang terjatuh karena berusaha untuk mendapatkan buah maupun sayuran yang diinginkan. Apalagi, banyak yang percaya, gunungan yang didoakan itu membawa berkah. Sehingga, ketika dijadikan bibit, tanaman akan tumbuh subur dan hasilnya bisa berlipat ganda.

Salah satu warga Desa Bodeh Nur Sa’adah (59) mengaku sangat senang karena sudah mendapatkan sayuran dan buah-buahan ketika rebutan gunungan itu. Untuk mendapatkan itu, dirinya ikut berdesa-desakan meskipun kondisinya sudah tua.

“Kalaupun rebutan, saya tetap ikut mengambil buah maupun sayuran, karena ini merupakan berkah dari Allah,” jelasnya.

Kirab gunungan di Desa Bodeh berlangsung meriah. (MuriaNewsCom/Cholis Anwar)

Sementara itu, Kepala Desa Bodeh, Zamroni mengatakan, sedekah bumi tersebut merupakan tradisi tahunan yang selalu dirayakan oleh seluruh elemen masyarakat Desa Bodeh.

“Kami harap, dengan mengarak hasil bumi beserta adanya hiburan masyarakat ini, semoga rezekinya semakin melimpah dan hasil bumi yang kami tanam semakin berkah,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, kirab merah putih dan gunungan tersebut juga sebagai bentuk peringatan Haul KH. Sholeh yang merupakan pendahulu serta penyebar agama Islam di Desa Bodeh.

“Kami bangga dengan antusias masyarakat untuk mengikuti acara tradisi sedekah bumi ini. Semoga, kedepannya bisa lebih baik dan dapat menampilkan hasil bumi sesuai dengan tanamannya masing-masing,” tandasnya.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.