Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Ribuan Warga Antre Dapatkan Sego Jangkrik Buka Luwur Sunan Kudus

MuriaNewsCom, Kudus – Ribuan warga memadati kompleks Makam Sunan Kudus, Kamis (20/9/2018) pagi. Mereka mengantre untuk mendapatkan nasi jangkrik pada ritual pemasangan luwur Sunan Kudus.

Dari pantauan MuriaNewsCom, sejumlah warga mengantre di depan pintu masuk makam kompleks Makam Sunan Kudus. Perempuan dan laki-laki secara terpisah bergantian masuk ke komplek Makam Sunan Kudus untuk mendapatkan Sego jangkrik.

Tradisi upacara buka luwur Sunan Kudus diselenggarakan setiap 10 Muharram yang tahun ini jatuh pada hari ini, Kamis (20/9/2018). Tradisi tersebut merupakan ritual keagamaan menandai penggantian luwur Sunan Kudus.

Abidin Pondok Pesantren Darul Sifa Desa Ploso Kecamatan Jati mengaku setiap tahunnya tidak pernah ketinggalan untuk antre mendapatkan nasi jangkrik pada 10 Muharram. Ia mempercayai nasi bungkus tersebut membawa berkah.

Sejumlah warga saat mengantre nasi jangkrik pada puncak upacara pemasangan luwur Kanjeng Sunan Kudus di kompleks Makam Sunan Kudus, Kamis (20/9/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji).

“Setiap tahun ikut antre upacara pemasangan luwur Kanjeng Sunan Kudus di kompleks makam Sunan Kudus mendapatkan sego jangkrik,” kata dia.

Hal senada juga dikatakan Ido Samarudin, warga Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati. Ia bahkan rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sego jangkrik. Hal itu sudah dilakukan tujuh tahun terakhir. Karenanya ia tidak mau ketinggalan mendapatkan sego jangkrik.

“Percaya nasi ini membawa berkah dari Kanjeng Sunan Kudus,” kata Ido.

Rencananya nasi yang ia dapatkan akan dibawa pulang ke rumah. Nasi yang ia dapatkan akan dimakan bersama keluarga. “Harapan selalu diberikan kesehatan,”tutupnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...