Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dikelola Partai, Dana Kampanye Caleg Harus Dilaporkan Berkala

MuriaNewsCom, Grobogan – Para caleg yang akan bertarung dalam Pileg 2019 mendatang tidak bisa seenaknya melakukan kampanye. Soalnya, pelaksanaan kampanye sudah ada aturan jelas dan harus dipatuhi semua caleg. Hal itu terungkap dalam sosialisasi dana kampanye pemilu yang digelar KPU Grobogan, Selasa (18/9/2018).

Komisioner KPU Grobogan Jati Purnomo menyatakan, dana untuk penyelenggaraan kampanye calon legislatif harus dilaporkan secara berkala. Pelaporannya dilakukan sejak awal kampanye hingga masuk masa tenang.

Menurutnya, dana kampanye caleg nantinya dikelola oleh parpol masing-masing. Tiap partai diminta untuk membuka rekening khusus di bank pemerintah untuk menghimpun dana kampanye.

“Rekening yang dibuka ini khusus untuk kegiatan kampanye yang ditandatangani ketua dan bendahara partai,’’ kata Jati.

Jati menjelaskan penggunaan dana kampanye juga diatur peruntukannya. Misalnya, untuk pembuatan bahan kampanye, seperti kaos, poster, topi, dan lainnya dibatasi maksimal seharga Rp 60 ribu per biji. Kemudian, pembuatan spanduk dibatasi hanya lima buah per desa.

Untuk pembuatan spanduk maupun baliho bahan kampanye tidak bisa dilakukan oleh perseorangan caleg. Menurut Jati, yang berhak berkampanye adalah parpol, pasangan calon presiden, dan calon anggota dpd.

“Bahan kampanye nanti dicetak masing-masing partai. Semuanya diatur pembatasan jumlah dan harga pembuatannya. Nantinya, KPU juga akan mencetakan baliho dan spanduk untuk bahan sosialisasi,” jelasnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...