Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Diduga Lalai saat Bakar Sampah, SMK di Pati Nyaris Hangus Dilalap Api

MuriaNewsCom, Pati – Diduga karena lalai dari api pembakaran sampah, satu ruang kelas sekolah menengah kejuruan (SMK) Diponegoro, Desa Karangrejo, Kecamatan Juwana nyaris habis hangus, Senin (17/9/2018). Untungnya, warga setempat secara cepat mengetahui kejadian tersebut, dan membantu memadamkan kobaran api.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu salah satu pekerja kebersihan di sekolah tersebut bermaksut membakar sampah di tempat sampah yang posisinya berada tepat di sebelah ruang kelas.

Namun pasca membakar sampah itu, pekerja kebersihan itu bermaksud pulang ke rumah untuk mandi dan meninggalkan lokasi kejadian. Rupanya saat itu sampah itu masih dalam kondisi terbakar.

Beruntung saat itu, Purnomo, seorang guru mendengar adanya suara benda jatuh. Dia pun berinisiatif untuk mencari asal sumber suara tersebut. Rupanya saat diperiksa api terlihat sudah membesar di atap ruangan.

Melihat api tersebut, dia pun segera berteriak meminta pertolongan kepada rekannya dan warga sekitar. Unit pemadam kebakaran yang dihubungi pun segera meluncur ke lokasi kejadian dengan mendatangkan dua unit damkar Pemkab Pati. Beruntung sebelum api merambat ke ruangan lainnya api berhasil dipadamkan.

Kapolres Pati AKBP Uri Nartanti melalui Kapolsek Juwana AKP Eko Pujiono mengamini adanya kebakaran tersebut. Dia mengatakan hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti kebakaran tersebut.

“Dari informasi yang kami terima kerugian dari pihak sekolah ditaksir sekitar mencapai Rp 40 juta.Dugaan sementara kejadian kebakaran tersebut murni karena kelalaian sisa pembakaran sampah tersebut,” imbuhnya

Meski begitu kerugian yang ditimbulkan cukup besar. Mengingat sebagian atap, sejumlah meja kursi dan lemari di ruang kelas XII Teknik Audio Video hangus dilalap si jago merah.

Editor : Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.