Jumat, 29 Maret 2024

Tiga Desa di Wedung Demak Digelontor Bantuan Air

Murianews
Jumat, 14 September 2018 09:04:48
Warga di Demak mengantre air bersih bantuan dari Komunitas Sahabat Lestari. (MuriaNewsCom)
Murianews, Demak – Kekeringan masih menjadi musib di berbagai daerah. Bahkan di Kabupaten Demak, sejak lima bulan terakhir warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu daerah yang mengalami dampak kekeringan parah terjadi di Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Ini disebabkan, sumur-sumur serta sumber air sudah mengalami kekeringan sejak beberapa bulan terakhir.

Warga desa di daerah tersebut mengaku sudah mengusulkan bantuan air bersih ke pemerintah, namun belum mendapat kiriman. Kondisi ini membuat komunitas Sahabat Lestari, dan menggelontorkan bantuan air bersih di daerah tersebut.

Sebanyak tiga desa di kecamatan itu, yakni Desa Jetak, Desa Berahan Wetan, dan Desa Berahan Kulon digelontor bantuan air bersih. Sebanyak tiga truk tanki air bersih dikerahkan ke tiga desa ini.

”Dari pemantauan kami, warga di tiga daerah itu memang sangat membutuhkan air bersih. Sumur-sumur di desa itu sudah kering, sehingga sulit mencari air,” kata Lestari Moerdijat, Pembina Komunitas Sahabat Lestari, Jumat (14/9/2018).

Menurut dia, satu-satunya cara warga untuk mendapatkan air bersih yakni membeli air bersih dari agen-agen pengisian air isi ulang. Dan setiap hari warga harus merogoh kocek cukup besar untuk mendapatkan air ini.

Alhasil, ketika datang bantuan air ke desa-desa itu warga langsung girang. Mereka berduyun-duyun mendatangi lokasi dropping sembari membawa ember, jeriken dan lainnya.

Sujarwo (52) warga Desa Jetak mengaku, jika sumur-sumur di desa itu sudah lama kering. Sehingga bantuan seperti ini sangat membantu warga. “Kami pernah mengajukan bantuan, tapi belum terealisasi,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan air bersih seperti ini terus dilakukan minimal sepekan sekali sampai musim hujan tiba. Pasalnya, ia mengaku sudah cukup berat jika setiap hari harus membeli untuk mendapatkan air bersih.

Editor : Ali Muntoha

Baca Juga

Komentar