Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wujud Rasa Syukur, Ribuan Warga Desa Kaliputu Gelar Kirab Tebokan

MuriaNewsCom, Kudus – Ribuan warga Desa Kaliputu, Kecamatan Kota Kudus menggelar kirab Tebokan, Selasa (11/9/2018). Kirab tersebut sebagai rasa syukur atas kesejahteraan masyarakat Desa Kaliputu.

Dari pantauan MuriaNewsCom, kirab tradisi tebokan dimulai dari depan halaman Masjid Jami’ Syuhada Kaliputu dan finish di halaman kantor Desa Kaliputu. Selama kirab berlangsung, terlihat ratusan jenang warna warni dengan berbagai bentuk hasil kreasi masyarakat di atas tebok. Mulai dari gunungan kecil, gerbang Kudus Kota Kretek, masjid kecil hingga bahan pembuat jenang.

Selain itu, juga terlihat kreasi produk yang dibuat dari bahan pembungkus jenang. Semua itu berbaur dengan kegembiraan warga yang menyambut dari tepi jalan.

Sesampainya di halaman Kantor Desa Kaliputu, warna-warni jenang dikumpulkan menjadi satu. Setelah itu didoakan, sebelum menjadi rebutan warga sekitar.

Kepala Desa Kaliputu Suyadi mengatakan tradisi tebokan sebagai bentuk syukur meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, perangkat desa yang telah menggelar tradisi tersebut.

“Tahun depan tidak lupa, setelah acara kirab ini, nantinya ada bazar. Setiap ada even bazar menampilkan ukm ukm yang luar biasa,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia berharap adanya tradisi kirab tebokan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Mudah-mudahan ekonomi masyarakat semakin meningkat kedepannya,” jelasnya.

Kreasi jenang warga Desa Kaliputu saat menggelar kirab tradisi tebokan pada hari Selasa (11/9/2018). (MuriaNewsCom/Dian Utoro Aji)

Sementara itu, Tika salah satu dewan juri menilai tradisi tebokan merupakan tongkat untuk menghadirkan wisatawan dari Kudus. Terlebih lagi ada sangkut pautnya dengan kuliner yang ada di Kudus.

“Desa Kaliputu dulu pernah menjadi juara Nasional kebanggan Jawa Tengah. Dan hal ini perlu untuk ditingkatkan kembali, menjadi destinasi wisata kuliner yang dikenal masyarakat luas,”imbuhnya.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...