Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sambut 1 Muharram, Warga Mejobo Kudus Gelar Pawai 1000 Obor

MuriaNewsCom, Kudus – Warga Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus ikut menyambut malam tahun baru 1 Muharram 1.440 Senin (10/9/2018) semalam. Salah satunya dengan melakukan pawai 1000 obor mengelilingi kawasan setempat.

Dari pantauan MuriaNewsCom, pawai seribu obor dimulai dari depan Masjid Al Ma Wa Kecamatan Mejobo. Setelah itu, 1.440 peserta kemudian berjalan sekitar dua kilometer. Mereka finish di depan kantor Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Mejobo.

Tampak seribu obor menghiasi malam 1 Muharram di Kecamatan Mejobo Kudus. Selain itu, juga terdengar alunan sekawat yang dilantunkan para peserta pawai seribu obor.

Ketua Panitia Pawai seribu obor Muhammad Nailil Mustaqbirin mengatakan gebyar pawai obor ini dalam rangka menyambut 1 Muharram 1.440. Ada sebanyak 1.440 peserta yang ikut pawai obor tersebut.

“Mereka terdiri dari 24 elemen. Mulai dari masyarakat umum, pelajar, Muspika Kecamatan Mejobo hingga para pengurus PCNU Cabang Kecamatan Mejobo turut memeriahkan pawai obor ini,” kata dia.

Ia mengatakan, dengan adanya pawai obor ini merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi yang ada. Selain itu juga dapat memupuk rasa ukhuwah islamiyah.

“Sesuai tema kali ini, kuncinya harus berani bermipi, dan berani perbaiki kualitas hidup,”jelasnya.

Sementara itu, Saiful Anam warga setempat menyambut baik peringatan 1 Muharram 1440 dengan pawai seribu obor. Ia berharap supaya kedepannya kegiatan semacam ini tetap diadakan. Sehingga tradisi warisan leluhur tetap ada.

“Harapannya semoga acara semacam ini digelar lagi. Jangan kalah sama perayaan tahun baru masehi. Serta ditahun baru islam ini, kedepannya Indonesia semakin maju,” harap Saiful.

Editor : Supriyadi

Comments
Loading...