Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bus Kudus-Semarang Masih Bandel Masuk ke Terminal Penggaron

MuriaNewsCom, Semarang – Sejak penutupan Terminal Terboyo Semarang per 1 September, sebagian besar bus AKDP sudah beralih pindah ke Terminal Penggaron. Namun ada satu jurusan bus, yang hingga saat ini masih membandel.

Bus jurusan Kudus-Semarang hingga kini masih belum mau masuk ke Terminal Penggaron, dan memilih kucing-kucingan berhenti di Terboyo.

Padahal sesuai aturan seluruh bus antarkota dalam provinsi (AKDP) harus pindah ke Terminal Penggaron, dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) ke Terminal Mangkang. Kebijakan ini diberlakukan setelah Terminal Terboyo diturunkan statusnya menjadi terminal angkutan barang.

Kepala Terminal Penggaron, Ary Haryadi ketika ditanya wartawan mengakui jika hanya bus jurusan Kudus-Semarang yang masih membandel. “Tinggal satu lagi, ya Kudus itu. Kalau jurusan Jepara-Semarang sudah masuk,” katanya dilansir RmolJateng, Senin (10/9/2018).

Ia bahkan sudah menelepon langsung pengusaha bus jurusan Kudus-Semarang tersebut. Namun sampai saat ini masih membandel, tak mau masuk ke Terminal Penggaton.

Khusus untuk bus jurusan Jepara-Semarang, menurutnya masih diberi pemakluman untuk mengantar penumpang sampai ke Terboyo. Ini hanya berlaku pada pagi hari, yakni untuk mengantar buruh dan anak sekolah di kawasan Terboyo.

Baca : 1 September Terminal Terboyo Benar-benar Ditutup untuk Bus

Mayoritas bus Jepara memang mengantar buruh dan anak sekolah di kawasa Terboyo. Pihaknya memberi kesempatan pada bus untuk mengantarkan penumpang hingga sampai tujuan (di kawasan Terboyo). Sedangkan untuk bus Kudus diakuinya masih kucing-kucingan.

“Saya sudah telepon pengusahanya, belum kompak, ada yang sudah bersedia masuk, tapi ada yang belum,” ujarnya.

Ary menyatakan untuk bus AKDP lain sudah seluruhnya masuk. Hanya ada beberapa bus yang membandel tidak sampai terminal.

“Ada laporan satu atau dua bus Solo dan Jogja yang putar balik ke Sukun, seharusnya pengusahanya tegas,” jelasnya.

Kasmun, sopir bus Rimba Raya jurusan Jepara, mengaku berat hati jika harus masuk ke Terminal Penggaron. Pasalnya, lokasinya sangat jauh bila dibandingkan dengan Terminal Terboyo.

“Banyak penumpang yang bingung dan pilih turun di jalan. Paling saya nyiasatinya tidak lama-lama ngetem di sini (Terminal Penggaron),” paparnya.

Dinas Perhubungan menyatakan akan segera mengambil tindakan tegas untuk bus-bus yang membandel. Setelah dua pekan kebijakan ini diberlakukan, bus yang tak menaati aturan akan langsung ditilang.

Editor : Ali Muntoha

Comments
Loading...